Dinas SDA Bangun IPAL Komunal di PBB Setu Babakan Tahun Ini

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Senin, 22 April 2019 13:44 WIB | Dibaca 1175 kali
Dinas SDA Bangun IPAL Komunal di PBB Setu Babakan Tahun Ini (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan merealisasikan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jakarta Selatan.

" Saat ini masih dalam tahap lelang"

Kepala Bidang Air Baku, Air Bersih, dan Air Limbah Dinas SDA DKI Jakarta, Eko Gumelar mengatakan, IPAL di PBB Setu Babakan akan dibangun dengan sistem interseptor dengan kapasitas 600 kubik per hari.

"Saat ini masih dalam tahap lelang. Targetnya, Agustus mendatang proyek pembangunan IPAL sudah bisa dilaksanakan," ujarnya, Senin (22/4).

Eko menjelaskan, IPAL Komunal tersebut sangat penting karena Dinas SDA akan membangun waduk di kawasan PBB Setu Babakan sebagai upaya untuk mengatasi banjir serta memenuhi kebutuhan air baku di Jakarta.

"Waduk itu akan menjadi sumber air baku, untuk itu limbah cair warga perlu dilakukan treatment terlebih dahulu sebelum dialirkan ke waduk," terangnya.

Ia menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan air baku tersebut nantinya akan dipasang aerator di area waduk. Fungsinya, untuk menambah atau meningkatkan kadar oksigen terlarut di dalam air.

"Kita ingin air di waduk itu nantinya betul-betul memiliki kualitas yang baik," tandasnya.

TOP