Bantaran Waduk Rawa Badak Ditata Jadi Taman Interaktif

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 05 April 2019 20:24 WIB | Dibaca 759 kali
Bantaran Waduk Rawa Badak Ditata Jadi Taman Interaktif (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Warga RW 05, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, memanfaatkan lahan sepanjang 300 meter di bantaran Waduk Rawa Badak menjadi taman interaktif dan pertanian perkotaan.  

"Makanya kita ingin lingkungan yang bersih dan indah. Sejak tahun lalu kita mulai bertahap menata, "

Ketua RT 03/05, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Husein Thalib menjelaskan, awalnya lahan yang berada di sisi timur dan utara waduk tersebut tidak terawat dan dimanfaatkan untuk parkiran mobil serta tempat membuang puing dan sampah.

"Makanya kita ingin lingkungan yang bersih dan indah. Sejak tahun lalu kita mulai bertahap menata," katanya, Jumat (5/4).

Dilanjutkan Husein, dalam mekakukan penataan setiap RT dilibatkan untuk membangun dan merawat bagian area lahan yang sudah ditentukan. Alhasil, saat ini taman interaktif tersebut sudah dilengkapi fasilitas taman baca, taman lansia untuk terapi, kolam lele, aquaponik, taman bermain anak, taman flora fauna, hidroponik, taman toga dan pertanian perkotaan.

"Pembangunannya ini swadaya warga dan dukungan CSR. Kita berharap apa yang sudah dibangun ini bersama kita rawat," tegasnya.

Lurah Rawa Badak Selatan, Suheina mengatakan, penataan bantaran waduk dilaksankan seluruh komponen warga. Pola kolaboratif ini, katanya, menjadi percontohan bagi penataan di kawasan RW lain di wilayahnya.

"Kita akan koordinasikan dengan pihak Sudin KPKP dan Sudin Kehutanan untuk mendukung bibit ikan serta tanaman," tandasnya.

TOP