Pemprov DKI dan Perkumpulan Betawi Kita Gelar Festival MH Thamrin

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Andry | Sabtu, 16 Februari 2019 13:32 WIB | Dibaca 1370 kali
Pemprov DKI dan Perkumpulan Betawi Kita Gelar Festival MH Thamrin (Foto : / Beritajakarta.id)

Mohammad Husni Thamrin, atau dikenal dengan MH Thamrin merupakan salah satu pahlawan nasional yang terlahir pada 16 Februari 1894 dan melakukan sejumlah perjuangan di masa kolonial, di antaranya perbaikan kampung Jakarta dan sepak bola. 

"Kegiatan ini salah satu bentuk dukungan kami  "

MH Thamrin adalah salah satu penggagas klub VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra) pada tahun 1928 yang kemudian menjadi Persija pada tahun 1942. Sebagai pelindung VIJ, MH Thamrin menyumbangkan 2000 gulden dari kantong pribadinya dalam pembangunan lapangan sepak bola berstandar internasional yang saat ini dikenal sebagai lapangan VIJ di Jl. Petojo VI, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat.

Untuk itu, dalam rangka memperingati perjuangan MH Thamrin khususnya di bidang olahraga sepak bola, Pemprov DKI Jakarta bersama Perkumpulan Betawi Kita mengadakan Festival 125 Tahun MH Thamrin. Festival bertemakan 'Jungkir Balik Demi Jakarta' ini dilaksanakan di Lapangan VIJ, Jl. Petojo VI, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/2).

Sebelum pelaksanaan festival, seminar bertemakan 'Dari Stadion VIJ menuju Stadion MH Thamrin: Thamrin Memulai, Anies Baswedan Mewujudkan' diadakan di Blok G Lantai 22, Gedung Balaikota Jakarta, pada Jumat (15/2) pagi. Seminar ini menghadirkan pembicara Sejarawan JJ Rizal, tim penulis buku 'Gue Persija' Abdillah Afiif, dan Iwan Takwin sebagai perwakilan BUMD Provinsi DKI Jakarta, PT Jakpro. Dalam seminar ini, Iwan juga menerangkan paparan progres rencana pengembangan kawasan Taman BMW sebagai markas Persija yang direncanakan target ground breaking pada bulan Maret mendatang.

"Kegiatan ini salah satu bentuk dukungan kami dan usulan kami supaya Stadion Persija nanti diberi nama Mohammad Husni Thamrin," ujar Ketua Perkumpulan Betawi Kita, Roni Adi dalam konferensi pers pada Jumat (15/2).

Festival 125 Tahun MH Thamrin sendiri akan dimeriahkan dengan pameran foto 'Sejarah VIJ hingga Persija, Bazaar, Senam Bersama, Lomba Stand Up Comedy, berbagai pertunjukan kesenian khas Betawi, dan pertandingan sepak bola. Kegiatan ini akan berlangsung sejak pagi hingga sore hari dan mendapatkan dukungan dari Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, beberapa pertunjukan juga akan dihadirkan pada Festival 125 Tahun MH Thamrin.

"Kita mengadakan Festival 125 Tahun MH Thamrin langsung di lapangan sepak bola VIJ di Cideng,” tandasnya.

TOP