Dinas KUKMP Bakal Perbanyak Bazar dan Pameran

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 03 Januari 2019 17:25 WIB | Dibaca 1332 kali
Dinas KUKMP Bakal Perbanyak Bazar dan Pameran (Foto : / Beritajakarta.id)

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta akan menyelenggarakan setidaknya 40 kegiatan bazar maupun pameran di masing-masing wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu pada tahun 2019.

" Akses pasar bagi pelaku UKM untuk menjual produknya sangat penting"

Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara mengatakan, frekuensi penambahan penyelengaraan bazar dan pemeran tersebut untuk lebih memfasilitasi UKM dalam memasarkan produknya.

"Akses pasar bagi pelaku UKM untuk menjual produknya sangat penting. Kita akan membantu mereka," ujarnya, Kamis (3/1).

Adi menjelaskan, saat ini kapasitas di lokasi binaan (lokbin) dan lokasi sementara (loksem) untuk menampung pelaku UKM tidai memungkinkan. Sehingga, kegiatan bazar dan pameran akan menjadi alternatif dan terobosan.

"19 lokbin sudah penuh dan 233 loksem juga sudah terpakai. Untuk itu, kita akan memperbanyak bazar dan pameran," terangnya.

Adi menambahkan, pelaku UKM yang akan ikut serta dalam pameran maupun bazar tetap melalui tahapan kurasi. Meski demikian, untuk tiap pelaksanaan kegiatan ditargetkan bisa mengikutsertakan 20 hingga 30 pelaku UKM.

"Kurasi itu tetap ada, tapi prinsipnya kami ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua pelaku UKM," tandasnya.

TOP