Sudin KPKP Jaksel Gelar Pelatihan Budidaya Ikan

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : F. Ekodhanto Purba | Kamis, 11 Oktober 2018 15:29 WIB | Dibaca 757 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menggelar pelatihan budidaya ikan kepada 25 peserta pembudidaya ikan serta pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang ada di 10 kecamatan di Jakarta Selatan.

" Peserta diberikan materi cara pengembangan kemampuan dalam membudidayakan serta kesehatan ikan sekaligus strategi pemasaran produk"

Pelatihan yang digelar di Balai Benih Ikan (BBI) Ciganjur, Jl RM Kahfi I, Cipedak, Jagakarsa ini menghadirkan pembicara seperti Iim Rusyamsi, Sekjen Perkumpulan Pergerakan OK OCE (PGO) dan Mugi Mulyono yang merupakan profesional bidang pembudidaya ikan.

"Peserta diberikan materi cara pengembangan kemampuan dalam membudidayakan serta kesehatan ikan sekaligus strategi pemasaran produk," ujar Wachyuni, Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan, Kamis (11/10).

Para peserta pelatihan juga diberikan bantuan berupa satu tabung oksigen, 40 pasang induk ikan, 40 ekor induk ikan mas koki dan 52 kilogram pakan ikan hias untuk 10 pembudidaya. Sedangkan 15 peserta pelatihan lainnya yang merupakan perwakilan dari 15 RPTRA diberikan pompa celup, 400 ekor ikan nila dan 80 kilogram pakan ikan.

Sekjen PGO, Iim Rusyamsi mengatakan, dalam pelatihan ini dirinya memberikan pengarahan terkait dasar-dasar kewirausahaan, mulai dari cara memulai usaha, membentuk menjadi wirausaha budidaya ikan hias, konsumsi hingga cara memasarkanya.

“Peserta sudah melalui tahap P2 yaitu pelatihan. Setelah ini mereka akan masuk ke tahap P3 pendampingan lalu perizinan atau P4. Kami akan terus pantau dan dampingi,” tandasnya.