Dinas KPKP Gelar Pelatihan Olahan Pangan Jahe Merah di Jakut

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 26 September 2018 10:57 WIB | Dibaca 2308 kali
(Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, menggelar pelatihan produk olahan makanan dan minuman dari bahan dasar jahe merah di Jakarta Utara. Kegiatan yang dilaksanakan sejak Selasa (25/9) hingga Rabu (26/9), diikuti 100 warga dari unsur kader PKK dan kelompok tani.

"Kami berharap nantinya pelatihan ini dapat meningkatkan penghasilan bagi kelompok tani olahan dan kader PKK "

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, pelatihan yang digelar di RPTRA Radar Pembangunan, Kelurahan Rawabadak, Kecamatan Koja, bertujuan untuk menumbuhkan wirausaha baru di bidang olahan makanan dan minuman.

"Kami lakukan pelatihan ini sebagai tindak lanjut hasil musrenbang tingkat kota Jakarta Utara," ujar Darjamuni, Rabu (26/9).

Dijabarkan Darjamuni, komoditas jahe merah dapat diolah menjadi produk permen, manisan, bolu kukus, oatmeal, minuman segar roseja, puding saos karamel, cookies, kue bangket, sirop dan enting-enting kacang.

Dia berharap, dari pelatihan ini peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mengenai penganekaragaman makanan dan minuman dari bahan dasar jahe merah, serta mengembangkannya menjadi usaha.

"Kami berharap nantinya pelatihan ini dapat meningkatkan penghasilan bagi kelompok tani olahan dan kader PKK," tandasnya.