Warga Cilangkap Ikuti Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 21 September 2018 16:17 WIB | Dibaca 1078 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 50 warga RW 02 Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran. para peserta diedukasi dengan teori dan praktik langsung pemadaman api pada kompor gas.

"Pelatihan ini rutin kami lakukan dengan cara bertahap dan secara berpindah-pindah tempat"

Kasi Pencegahan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan, pelatihan diberikan untuk mengedukasi warga soal pentingnya menjaga lingkungan dari kasus kebakaran.

"Pelatihan ini rutin kami lakukan dengan cara bertahap dan secara berpindah-pindah tempat. Sehingga diharapkan ada pemerataan dan jumlah warga yang dllatih semakin banyak," ujar Edi Parwoko, Jumat (21/9).

Pelatihan ini diikuti oleh para kader juru pemantau jentik (Jumantik), pengurus RT/RW, LMK, FKDM dan warga masyarakat lainnya.

"Jika butuh pertolongan maka sebaiknya jangan teriak "kebakaran" karena orang pasti akan ikut lari. Namun harus teriak "tolong" agar orang berdatangan dan melakukan pemadaman api bersama-sama," kata Edi.

Siti (35), salah seorang peserta mengaku senang adanya pelatihan seperti ini. Sebab ia bersama kader Jumantik lainnya jadi mendapatkan pengetahuan tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

"Pelatihan seperti ini sangat bagus buat kita  yang setiap harinya berurusan dengan kompor di dapur. Kita jadi lebih hati-hati dalam menggunakan kompor gas karena lengah sedikit bisa fatal akibatnya," tandasnya.