RPTRA di Jakut akan Dimaksimalkan Jadi Pusat Pemberdayaan Ekonomi

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 20 September 2018 13:05 WIB | Dibaca 910 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Utara, akan memaksimalkan peran ruang terpadu ramah anak (RPTRA) sebagai labotarium implementasi program pemberdayaan ekonomi keluarga.

" Saya berharap nanti 64 RPTRA se Jakarta Utara berfungsi sebagai pusat implementasi program PKK, yaitu pemberdayaan ekonomi keluarga"

Ketua TP PKK Jakarta Utara, Rosnawati Syamsudin Lologau mengatakan, saat ini  total ada 64 RPTRA yang sudah beroperasi di enam kecamatan,  se Jakarta Utara. Ke depan, ia berharap keberadaan RPTRA bisa dimaksimalkan menjadi labotarium implementasi program.

"Saya berharap nanti 64 RPTRA se Jakarta Utara berfungsi sebagai pusat implementasi program PKK, yaitu pemberdayaan ekonomi keluarga," ujarnya, Kamis (20/9).

Dijelaskan Rosnawati, salah satu contoh program yang bisa segera direalisasikan yakni menggiatkan urban farming tanaman hidroponik. Dengan pengembangan urban  farming tanaman hidroponik di RPTRA, diharapkan para kader bisa mendorong warga mengimplementasikan budidaya di lingkungan mereka.

Tidak hanya meningkatkan penghijauan lingkungan, lanjut Rosnawati, urban farming juga akan berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian dan ketahanan keluarga. Apalagi, tren pasar produk hidroponik saat ini mulai meningkat.

"Kita akan kerjasamakan pemeliharaan dan pengembangannya di wilayah dengan Sudin KPKP," tandasnya.