Saluran Air di Palmeriam Dibersihkan

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Minggu, 02 September 2018 13:08 WIB | Dibaca 574 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sekitar 500 gabungan dikerahkan saat menggelar kerja bakti di RT 09/03, Kelurahan Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur. Sasarannya, membersihkan saluran air di Jl Penegak dan sampah yang berada di permukiman warga.

"Melalui kerja bakti ini saya juga mengimbau dan berharap agar masyarakat selalu memperhatikan dan peduli lingkungannya "

Dengan menggunakan sejumlah peralatan, petugas membersihkan lumpur dan sampah di saluran air yang lebarnya sekitar 50 sentimeter dan terhubung ke Kali Baru. Kerja bakti ini melibatkan petugas gabungan dari unsur kelurahan, kecamatan, Sarpol PP, Sudin Sumber Daya Air, Sudin Bina Marga, TNI/Polri, PPSU dan unit terkait lainnya.

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, kerja bakti ini dilakukan untuk merangsang dan memotivasi warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Sasaran utama adalah saluran PHB yang mengalami pendangkalan dan banyak lumpur.

"Melalui kerja bakti ini saya juga mengimbau dan berharap agar masyarakat selalu memperhatikan dan peduli lingkungannya. Tanpa ada kepedulian dan peran serta masyarakat maka pemerintah tidak bisa monitoring wilayah," ujar Anwar, Minggu (2/9).

Menurutnya, tugas pemerintah adalah melakukan moitoring, memberdayakan masyarakat, mengajak dan mengedukasi masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

Ditambahkan Anwar, kegiatan ini juga untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih dan warganya sehat, terhindari dari berbagai jenis penyakit.