Pemkot Surakarta Belajar Pengelolaan Saluran Air dan Sungai di Jakbar

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 28 Agustus 2018 17:21 WIB | Dibaca 838 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Rombongan lurah dan camat Kota Surakarta yang dipimpin Wakil Wali Kota, Achmad Purnomo, menggelar kunjungan kerja ke Pemkot Jakarta Barat. Rombongan tersebut diterima Plt Wali Kota Jakarta Barat, M Zein di Ruang Wijayakusuma.

" Kami ingin belajar bagaimana pengelolaan sungai di Kota Jakarta Barat yang nantinya mungkin dapat diterapkan di Surakarta"

Wakil Wali Kota,Surakarta, Achmad Purnomo mengatakan, pihaknya ingin belajar tentang pengelolaan saluran air dan sungai di Jakarta Barat. Menurutnya, ini sangat penting karena wilayah Surakarta dilintasi lima sungai besar.  

"Kami ingin belajar bagaimana pengelolaan sungai di Kota Jakarta Barat yang nantinya mungkin dapat diterapkan di Surakarta," ujar Achmad, Selasa (28/8).

Dikatakan Achmad, selain itu pihaknya juga ingin mengetahui kebijakan yang diambil Pemkot Jakbar guna mengubah kesadaran warga yang tinggal di bantaran sungai.

Terkait hal ini, Plt Wali Kota Jakarta Barat, M Zen, menjelaskan tentang program normalisasi saluran dan sungai yang diterapkan Pemprov DKI.

Diungkapkan M Zein, warga di bantaran sungai yang terdampak normalisasi direlokasi ke rumah susun yang tersebar di sejumlah wilayah di Jakarta. Zein juga sempat menjelaskan program penataan Kali Besar di kawasan Kota Tua yang melibatkan perusahaan CSR.

"Hasilnya, saat ini Kali besar bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di kawasan Kota Tua," tandasnya.