Dinas PE Gelar Produk IKM di Balai Kota

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 28 Agustus 2018 12:44 WIB | Dibaca 821 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta mengadakan Gelar Produk Industri Kecil Menengah (IKM) Tahun 2018 di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

" Ada 64 IKM yang ikut serta"

Kegiatan ini berlangsung mulai hari ini hingga 30 Agustus mendatang dengan tema "Peningkatan Daya Saing IKM dan Industri Kreatif Dalam Rangka Penumbuhan Wirausaha Industri Baru"

Kepala Dinas PE DKI Jakarta, Yuli Hartono mengatakan, Gelar Produk IKM diselenggarakan sebagai  sarana promosi dan memfasilitasi pemasaran produk IKM. Pameran produk tersebut menjadi langkah nyata untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan, penciptaan lapangan kerja, dan rasa cinta terhadap produk dalam negeri.

"Ada 64 IKM yang ikut serta. Mereka merupakan binaan dari Dinas PE, Kadin, Dekranasda, dan Perkumpulan Gerakan OK OCE," ujarnya, Selasa (28/8).

Yuli menjelaskan, masalah IKM bukan hanya permodalan, tetapi konsumen sebagai denyut nadi usaha. Melalui Gelar Produk IKM ini diiharapkan dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha IKM dan memperluas jejaring pemasaran.

"Peserta pameran ini bisa merasakan langsung suasana pasar dan pemasaran. Peserta juga dapat melakukan uji coba untuk mengeksekusi konsep ide-ide kreatif maupun memperluas lapangan kerja di wilayah masing-masing," terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Industri Dinas PE DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menuturkan, sebanyak 30 IKM peserta menghasilkan produk makanan dan minuman, Sedangan, 34 lainnya bergerak di bidang fesyen dan kerajinan.

"Kegiatan ini menjadi wadah bagi para IKM untuk memperkenalkan produknya. Ke depan event seperti ini akan diperluas dan ditambah intensitasnya," tandasnya.