Perajin Binaan Dekranasda Ikuti FJGS Tahun 2018

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 13 Agustus 2018 14:49 WIB | Dibaca 351 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Sebanyak 53 perajin binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta diikutsertakan dalam Festival Jakarta Great Sale (FJGS) Tahun 2018. Perajin binaan yang berpartisipasi di antaranya Rumah Kebaya, Klambi Abite, Tioria, dan Rumah Betawi.

" Semua perajin kita memiliki keunikan masing-masing"

Tahun ini, perajin binaan Dekranasda Provinsi DKI Jakarta berpartisipasi di tujuh mal yakni, One Belpark pada 12 Agustus-4 September; Gandaria City 16-26 Agustus; Lippo Mall Kemang 21 Agustus-2 September; Senayan City 14-26 Agustus; Mal Kelapa Gading 13-26 Agustus; Kota Kasablanka 27 Agustus-2 September; serta Grand Indonesia mulai 20 Agustus hingga 2 September mendatang.

Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati menuturkan, pihaknya telah melakukan kurasi terhadap perajin-perajin, baik busana, kerajinan tangan, aksesoris, dan kerjainan lainnya yang akhirnya terpilih untuk mengikuti FJGS Tahun 2018.

"Kita membina 312 perajin di Jakarta. Kita ingin menghadirkan produk-produk yang inovatif, berkualitas, serta bernilai seni tinggi," ujarnya, Senin (13/8).

Dijelaskannya, keikutsertaan Dekranasda Provinsi DKI Jakarta di ajang FJGS Tahun 2018 merupakan upaya untuk melestarikan budaya di Indonesia, khususnya Jakarta. Untuk itu, Dekranasda Provinsi DKI Jakarta akan terus aktif berpartisipasi di acara-acara serupa ke depannya.

"Tentunya ini menjadi sarana untuk menyediakan wadah bagi perajin untuk berkarya sekaligus memperkenalkan serta memasarkan produk-produknya. Terlebih lagi, semua perajin kita memiliki keunikan masing-masing dalam merepresentasikan Jakarta melalui karya kerajinan,” terangnya.

Sementara, Ketua Pelaksana FJGS Tahun 2018 yang juga menjabat Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta , Ellen Hidayat mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan APPBI.

"Dalam penyelenggaraan tahun ini, kami optimistis target transaksi senilai Rp 3-4 triliun dapat tercapai," tandasnya.

Untuk diketahui, FJGS Tahun 2018 mengangkat tema "Spirit of Jakarta". Sebanyak 82 pusat perbalanjaan dan 8 hotel ikut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan tersebut.

FJGS tahun ini juga menjadi kegiatan untuk menyemarakkan Asian Games XVIII dengan memfasilitasi diskon-diskon produk bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang akan berbelanja.