Seluruh Aliran Sungai di Ibukota akan Direfungsionalisasi

Reporter : Oki Akbar | Editor : Andry | Selasa, 31 Juli 2018 21:34 WIB | Dibaca 451 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Berbagai upaya terus dilakukan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta untuk membenahi aliran kali dan sungai di Ibukota. Salah satunya dengan merefungsionalisasi seluruh aliran sungai bersama sejumlah instansi.

" Kita nanti akan melakukan suatu kajian untuk merefungsikan jalannya air"

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Teguh Hendarwan mengatakan, pembenahan kali dan sungai tidak hanya dilaksanakan menjelang Asian Games. Sepanjang tahun ini, pihaknya akan merefungsi seluruh aliran sungai yang ada di Jakarta.

"Kita nanti akan melakukan suatu kajian untuk merefungsikan jalannya air. Termasuk kualitas sarana dan prasarana air sungai-sungai di DKI Jakarta," ujarnya, Selasa (31/7).

Teguh menjelaskan, refungsionalisasi dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya beban berat aliran air yang dipicu penumpukan sedimen dengan berbagai macam kadar polutan berbahaya.

"Kita ingin aliran sungai ini bisa menjadi suatu ketahanan seperti arahan Pak Gubernur dengan konsep naturalisasinya," katanya.

Ia memastikan konsep refungsionalisasi sungai-sungai di Jakarta masih terus dikerjakan pihaknya bersama lintas instansi seperti Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) dan UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta.

"Semua masih on progress di lapangan," tandasnya..