Kuliner Betawi akan Jadi Hantaran di Lebaran Betawi

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Kamis, 26 Juli 2018 19:20 WIB | Dibaca 983 kali
(Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

Lebaran Betawi akan kembali digelar di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB), Jagakarsa, Jakarta Selatan.

" Hantaran yang akan diberikan nanti berisi makanan khas Betawi"

Dalam acara tersebut, para lurah, camat hingga wali kota bakal memberikan hantaran kepada Gubernur DKI Jakarta.

Sekretaris Camat Jagakarsa, Mundari mengatakan, hantaran merupakan tradisi Betawi yang dilaksanakan dengan membawakan aneka macam makanan kepada orang lebih tua saat mendekati Lebaran. Tradisi tersebut kemudian dilestarikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Hantaran yang akan diberikan nanti berisi makanan khas Betawi. Para lurah, camat dan wali kota akan memberikannya ke Pak Gubernur," ujarnya, Kamis (26/7).

Mundari menjelaskan, di Jakarta Selatan, setiap kecamatan akan membawa beraneka macam kuliner sesuai dengan kekhasan wilayah masing-masing. Khusus untuk Kecamatan Jagakarsa, rencananya membawa pecak gurame, sayur asem, bir pletok, dan gabus pucung.

"Masing-masing kecamatan beda-beda bawa hantarannya. Nanti juga akan ada rumah wali kota dan rumah 10 camat dari Jakarta Selatan saat Lebaran Betawi," ucapnya.

Menurut Mundari, berbagai macam hantaran yang diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta ini nantinya bisa dinikmati warga secara gratis. sejumlah persiapan sejauh ini telah dilakukan untuk mensukseskan acara Lebaran Betawi yang akan digelar pada 27-29 Juli ini.

"Kami sudah koordinasi dengan SKPD terkait untuk memperbaiki infrastruktur seperti penambalan jalan berlubang, penerangan, penghijauan dan lainnya," tandasnya.