Ketua TP PKK DKI Terima Kunjungan Ibu Negara Timor Leste

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 28 Juni 2018 19:15 WIB | Dibaca 504 kali
(Foto : Dadang Kusuma Wira Putra / Beritajakarta.id)

" Mudah-mudahan yang kita kerjakan di sini bisa menjadi inspirasi mereka melakukan hal sama di Timor Leste"

Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, Fery Farhati, menerima kunjungan Ibu Negara Timor Leste, Cidalia Mozinho Lu Olo di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak  (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Utara. 

Kunjungan tersebut dalam rangka melihat implementasi Kampung Keluarga Berencana sebagai rangkaian kegiatan kunjungan kenegaraan di Republik Indonesia, 27-29 Juni 2018.

"Kita senang menyambut Ibu Negara dari Republik Demokratik Timor Leste. Mudah-mudahan yang kita kerjakan di sini bisa menjadi inspirasi mereka melakukan hal sama di Timor Leste," ujar Fery, Kamis (28/6).

Dijelaskannya, dahulu program keluarga berencana (KB) yang dilaksanakan pemerintah dianggap oleh Ibu Negara Timor Leste hanya sebagai upaya menciptakan keluarga kecil. 

Namun dari kunjungan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperlihatkan bagaimana peran RPTRA dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai bagian dari program Kampung KB.

"Dulu katanya KB itu hanya untuk membuat keluarga kecil. Tapi sekarang beliau paham bahwa KB lebih dari itu, membuat keluarga yang sehat, berpendidikan dan ada aktifitas," paparnya.

Kepada Ibu Negara Timor Leste, Fery Farhati juga menjelaskan tentang Kampung KB sebagai satuan wilayah setingkat desa yang memiliki keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, serta sektor terkait

"Tujuan pembangunan kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas keluarga dan masyarakat," ungkapnya. 

Ia juga memaparkan berbagai fasilitas yang tersedia di  RPTRA Kalijodo yang juga berguna sebagai wadah interaksi warga lintas usia dalam berbagai jenis aktivitas. 

"Harapannya, agar semua unsur dapat menciptakan interaksi positif  yang berdampak baik untuk kehidupan sosial warga di sekitar RPTRA Kalijodo," katanya. 

Ibu Negara Republik Demokratik Timor Leste, Cidalia Mozinho Lu Olo, mengaku kagum dengan RPTRA Kalijodo. 

"RPTRA Kalijodo memiliki banyak manfaat yang telah dirasakan oleh warga," tandasnya.