Muspiko Jakut Pantau Harga dan Stok Pangan di Dua Pasar

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 04 Juni 2018 13:15 WIB | Dibaca 653 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Wali Kota Husein Murad, bersama musyawarah pimpinan kota (Muspiko) Jakarta Utara lainnya, Senin ( 4/6), memantau perkembangan harga pangan di Pasar Sunter Podomoro, Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok dan Pasar Inpres Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading. 

" Tidak ada masalah. Stok dan harga pangan masih stabil serta terkendali"

Menurut Husein, kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga dan stok bahan kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri 1439 Hijriyah. 

Dari pemantauan yang dilakukan, lanjut Husein, pihaknya tidak menemukan kenaikan harga yang signifikan dan stok bahan pangan pun relatif aman. 

"Tidak ada masalah. Stok dan harga pangan masih stabil serta terkendali," katanya. 

Dijelaskan Husein, kenaikan harga yang terjadi di pasaran masih relatif wajar sesuai fluktuasi. Berdasarkan pantauannya, kenaikan harga bawang merah dengan besaran sekitar Rp 10 ribu, merupakan yang tertinggi di atas kenaikan harga cabai merah dan cabai rawit.

Dipastikan Husein pihaknya akan berkordinasi dengan instansi terkait untuk menjaga pasokan agar stok di pasaran terus mencukupi. Pengawasan harga di pasaran pun akan dilakukan dengan ketat agar tidak ada penentuan harga yang terlalu tinggi oleh pedagang.

Husein menambahkan, selama ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar operasi pasar di hampir seluruh pasar untuk menjaga harga tetap stabil. Selain itu, kegiatan bazar yang digelar hingga ke tingkat RW juga membantu warga mendapat barang dengan harga terjangkau.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Reza Arief Dewanto menambahkan, dari pantauan yang dilakukan pihaknya tidak melihat ada indikasi permainan oknum tertentu yang bertujuan mengkatrol harga melonjak.

"Kita belum lihat penyimpangan yang menyebabkan harga ini naik. Rata-rata masih dalam mekanisme yang normal," tandasnya.