DKI dan BI Jajaki Kerja Sama Program Unggulan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 05 Januari 2018 17:15 WIB | Dibaca 2811 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bertemu dengan Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo di kantor BI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (5/1).

"Kami berdiskusi mengenai integrasi transportasi agar OK O Trip bisa bersambung dengan sistem perbankan"

Dikatakan Anies, selain membahas langkah pengendalian inflasi, dalam pertemuan ini kedua belah pihak juga membahas sinergisitas dan kerja sama mensukseskan sejumlah program unggulan Pemprov DKI.

"Pertama kami bicara mengenai pengendalian inflasi dan ekonomi. Lalu kami berdiskusi mengenai integrasi transportasi agar OK OTrip bisa bersambung dengan sistem perbankan," katanya. 

Dijelaskan Anies, pada 15 Januari ini pilot project-nya akan dimulai. Terkait rencana itu, Gubernur BI pun menginstruksikan jajarannya agar pilot project tersebut berjalan dengan baik.

Setelahnya, mereka membahas rencana kerja sama pengintegrasian pajak dan retribusi DKI Jakarta dalam gerbang pembayaran nasional (GPN). Sehingga nantinya pembayaran seperti di restoran dan hotel, bisa langsung tersambung sistem retribusi pajak daerah melalui GPN.

Kemudian, kedua belah pihak juga membahas rencana program DP nol rupiah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bahkan, pihak BI juga menyampaikan pola skema yang lebih baik.

"Intinya BI ajak buat tim bersama menyusun detail yang lebih baik, juga dengan instansi pusat terkait seperti Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan. Harapannya program DP nol rupiah bisa lebih efisien," tandasnya.