Teater Abnon Gelar Konser Teatrikal Bernuansa Betawi di TIM

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 14 September 2017 23:08 WIB | Dibaca 1436 kali
Teater Abnon Gelar Konser Teatrikal Bernuansa Betawi di TIM (Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Teater Abang None (Abnon) Jakarta, Kamis (14/9), menggelar Konser Teatrikal bernuansa Betawi dengan judul 'Babe, Muka Kampung Rejeki Kota' di Gedung Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat.

"Menceritakan kisah Benyamin S berdasar biografinya yang berjudul Muka Kampung Rejeki Kota "

Produser Pagelaran Teater, Maudy Koesnaedi mengatakan, Teater Abnon ini merupakan organisasi non profit yang mewadahi alumni dan Abnon yang masih menjabat. Gelaran tahun ini merupakan penampilan yang ke-10.

"Ini menceritakan kisah Benyamin S berdasar biografinya yang berjudul Muka Kampung Rejeki Kota, yang disusun oleh Laudy Cahyana dan Muchlis Suhaeri pada 2005 lalu," katanya, Kamis (14/9).

Diakui Maudy, pemilihan kisah dengan tokoh Benyamin S tidak lepas dari figurnya sebagai seniman dan tokoh Betawi yang tetap mempertahankan budaya Betawi di tengah perkembangan zaman. Karena itu figurnya merupakan simbol dan panutan yang patut diteladani generasi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Tinia Budiarti mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kombinasi teater kontemporer dan lenong, merupakan bagian dari pelestarian budaya Betawi yang nyata.

"Sampai hari ini, kita semua masih terus berjuang memperhatikan dan melestarikan budaya Betawi. Saya apresiasi bagaimana upaya menyuarakan kebudayaan Betawi melalui lenong," tandasnya.

TOP