Ekowisata Mangrove, Rekreasi Hijau dan Asri di Pesisir Utara Jakarta

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 03 Februari 2017 22:28 WIB | Dibaca 5919 kali
Ekowisata Mangrove, Rekreasi Hijau dan Asri di Pesisir Utara Jakarta (Foto : Wahyu Ginanjar Ramadhan / Beritajakarta.id)

Bagi Anda yang belum memiliki rencana bepergian di akhir pekan, ada baiknya mencoba mengunjungi lokasi Ekowisata Mangrove di Jl Pantai Indah Utara I, Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Ya, di tempat ini Anda akan menemukan pengalaman baru menikmati hijaunya pesisir utara Jakarta

" Lokasi wisata ini juga sangat cocok untuk berolahraga"

Kawasan Ekowisata Mangrove ini memiliki luas 23 hektare. Selain dipenuhi tanaman bakau (mangrove), pengunjung juga dapat melihat ragam fauna seperti burung, biawak dan monyet ekor panjang.

Harga tiket masuknya juga sangat murah yakni, Rp 1.000 per orang. Di lokasi wisata ini juga menyediakan kantin dengan sajian aneka kuliner. Menariknya lagi, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas memancing.

Penanggung Jawab Kawasan Hutan Mangrove, K Suryadin mengatakan, kawasan wisata ini sudah ada sejak tahun 1930. Selanjutnya, area ini ditetapkan sebagai kawasan cagar alam pada 1939.

"Ekowisata Mangrove dimiliki Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Sejak tahun 2000 lalu pengelolaannya di serahkan ke Pemprov DKI di bawah kewenangan Dinas Kehutanan," ujarnya, Jumat (3/2).

Mangrove selama ini dinilai penting untuk menjaga ekosistem dan mencegah abrasi. Sehingga, dengan berwisata ke lokasi ini juga bisa sekaligus memberikan edukasi pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

"Lokasi wisata ini juga sangat cocok untuk berolahraga," tandasnya

TOP