DKI akan Bangun Sentra Perikanan di Cilincing

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Nani Suherni | Senin, 19 Desember 2016 09:39 WIB | Dibaca 2839 kali
DKI akan Bangun Sentra Perikanan di Cilincing (Foto : / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membangun sentra perikanan di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Saat ini, Dinas Kelautan, Peternakan dan Ketahanan Pangan (KPKP) masih mencari lokasi yang tepat untuk sentra perikanan bagi nelayan di wilayah Kalibaru, Cilincing dan Marunda.

" Sampai saat ini kita masih mencari lahannya yang tepat dan bisa dibangun. Idealnya dibutuhkan 1-2 hektare"

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, sentra perikanan yang akan dibangun konsepnya seperti di Muara Angke. Selain dermaga bagi kapal-kapal nelayan, sentra perikanan juga dilengkapi dengan tempat pelelangan, cold storage, pengolahan ikan dan lokasi penjualan.

"Sampai saat ini kita masih mencari lahannya yang tepat dan bisa dibangun. Idealnya dibutuhkan 1-2 hektare," ujarnya, Senin (19/12).

Selain di Cilincing, Darjamuni mengaku tengah menyiapkan sentra serupa di Kamal Muara. Hanya saja, prosesnya masih terkendala penyiapan rumah susun (rusun) bagi permukiman nelayan.

"Kalau di Cilincing tidak ada rusun. Kalau di Kamal Muara, kita usulkan lokasi di belakang tempat pelelangan ikan," tandasnya.

TOP