76 Kader Jumantik Ikuti Pelatihan Pemadaman Kebakaran

Reporter : Nurito | Editor : Nani Suherni | Jumat, 28 Oktober 2016 18:51 WIB | Dibaca 3298 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 76 kader juru pemantau jentik (Jumantik) Kelurahan Pisangan Baru, Matraman, Jakarta Timur, mengikuti pelatihan pemadaman kebakaran.

" Pelatihan seperti ini sebelumnya kita berikan ke PPSU. Setelah semua tuntas kini pelatihan yang sama kita berikan ke para Jumantik"

Pelatihan dilakukan rumah ketua RW 01 Pisangan Baru. Pelatihan yang diikutinya meliputi teori dan praktik.

Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur, Darwin Ali mengatakan, pelatihan yang diberikan meliputi teori cara mencegah dan mengatasi kebakaran. Selain itu juga dilakukan praktik pencegahan tabung gas dan cara pemadaman jika terjadi kebakaran.

"Pelatihan seperti ini sebelumnya kita berikan ke PPSU. Setelah semua tuntas kini pelatihan yang sama kita berikan ke para Jumantik," kata Darwin, Jumat (28/10).

Menurutnya, pelatihan kebakaran kepada Jumantik karena setiap hari mereka juga berhubungan langsung dengan masyarakat. Dalam kesempatan ini pihaknya juga mensosialisasikan cara pelaporan melalui telepon call center 112.

Wati (38), salah seorang kader Jumantik mengaku pelatihan seperti ini sangat menguntungkan bagi dirinya dan rekan-rekannya.

"Pelatihan ini sangat bagus karena kita bisa sedikit tahu cara menangani kebakaran saat api masih kecil," tandas Wati.