CoJ Jadi Catatan Sejarah Perkembangan Jakarta

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Budhi Firmansyah Surapati | Jumat, 24 Juni 2016 22:40 WIB | Dibaca 4777 kali
CoJ Jadi Catatan Sejarah Perkembangan Jakarta (Foto : Yopie Oscar / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan hasil jepretan warga Jakarta yang terangkum dalam Color of Jakarta (CoJ) bisa menjadi catatan sejarah perkembangan Ibukota. Foto-foto yang terkumpul nantinya akan dibukukan untuk menjadi souvenir bagi wisatawan.

"Ada ribuan lebih gitu foto-foto, kami jadi punya catatan sejarah. Makanya saya minta disimpan di i-Jakarta dan website"

"Bagus-bagus fotonya. Ada ribuan lebih gitu foto-foto, kami jadi punya catatan sejarah. Makanya saya minta disimpan di i-Jakarta dan website," kata Basuki usai memberikan pengahargaan kepada para pemenang Color of Jakarta 2016, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/6).

Basuki mengatakan kegiatan ini merupakan dokumentasi sejarah dalam bentuk gambar. Sehingga masyarakat bisa melihat perkembangan Jakarta dari tahun ke tahun.

"Ini kan dokumen sejarah dari gambar. Jadi orang bisa tahu Jakarta itu berubah seperti apa. Orang bisa lihat sekarang sudah ada apa, sekarang Bundaran HI sudah pakai bunga," ucapnya.

Pada kesempatan kali ini, Basuki senang banyak peserta yang telah mengabadikan kegiatan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Tahun depan akan dipilihkan tema yang bisa mendokumentasikan mengenai pembangunan Jakarta.

"Tahun depan kami lihat lagi temanya apa. Supaya keluar, ini kan keluar kayak RPTRA, ini pertama kali kami punya rusun yang 16 lantai. Orang mulai lihat, RPTRA ada beberapa anak main bola, bagus saya kira," ujarnya.

Dari ketegori instagram, ada tujuh orang pemenang yang masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp 2 juta. Pemenangnya yakni Hartanto Tan dengan tema Jaklarta Smart City Command Centre, Kenny Sie tema Transjakarta, Egia Tamariahna Sembiring tema Hutan Kota, Christian Hariyanto tema Kaliku Bersih, Yogi Rahma Sukri tema Cepat Tanggap, Arnold Panjaitan tema Rusun Tempat Bermain Kami, dan Hendra Permana tema Berkat KJP Aku Memiliki Buku untuk Belajar.

Untuk kategori Wisata Budaya, pemenangnya yakni juara I Thaib Chaidar tema Wisata Musik Taman Surapati, juara II Arie Prihantoro tema Patungnya Bagus ya Kak!, dan Hendra Permana tema Wisata Balai Kota.

Kategori Street Photo, juara I dimenangkan oleh Saiful Arif Ula Khoiri tema Taman Kota Taman Bermain Kota, juara II Juniadi Joepoet tema Cerita Keluarga Ibukota, dan juara III Pertiwi Eka Sari tema Waktu Hujan Sore-sore.

Kategori Photo Stoty juara I dimenangkan oleh Yuniadhi Agung tema Jakarta Merindukan Hijau, juara II Moch Ali Wafa tema Mentrominiku Mentrominimu Metromini Kita, dan juara III Agung Kuncahya B tema Last Room.

Kategori Video, juara I dimenangkan oleh Nicky Nugroho Soetarto tema Jakartaku Maju dan Terus Menuju, juara II Rangga Kusmelandra tema Jakarta, juara III Hendra Permana tema I Want Holiday, dan juara favorit Fahrudi Yansyah tema Wisata Jakarta.

Kategori Workshop Sreetphoto, juara I dimenangkan oleh Adhitya Wibawa, juara II M Irvan, dan juara III Muhyidin.

Sementara kategori Workshop Videography juara I dimenangkan oleh Alexius Timothy tema Terang Gelap warna Warni Jakarta, juara II Hendra Permana tema Strory of Little Sampah, dan Aristo Leonardo tema A Journey to Jakgasm.

TOP