Upacara HUT Jakarta, Peserta Wajib Pakai Busana Betawi

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Widodo Bogiarto | Jumat, 20 Juni 2014 16:21 WIB | Dibaca 3202 kali
Upacara HUT Jakarta, Peserta Wajib Pakai Busana Betawi (Foto : / Beritajakarta.id)

Pemandangan agak berbeda akan terjadi saat Upacara HUT ke-487 Kota Jakarta di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (22/6) mendatang. Ya, jika dalam setiap upacara Pegawai Negeri Sipil (PNS) biasa memakai seragam dinas resmi, nanti dalam upacara tersebut PNS wajib mengenakan pakaian tradisional khas Betawi. Untuk pria akan memakai busana sadariah, sementara perempuan memakai kebaya encim.

" Sebagai bentuk apresiasi terhadap kebudayaan Betawi yang merupakan budaya asli kota Jakarta, peserta upacara yang hadir wajib mengenakan busana khas Betawi"

"Sebagai bentuk apresiasi terhadap kebudayaan Betawi yang merupakan budaya asli kota Jakarta, peserta upacara yang hadir wajib mengenakan busana khas Betawi," kata Eko Hariadi, Kepala Bidang Informasi Publik  Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan DKI Jakarta di Balaikota, Jumat (20/6).

Dalam upacara tersebut, rencananya dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama serta dihadiri sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Eko menjelaskan, sebelum acara dimulai, akan dilakukan pembacaan sejarah singkat kota Jakarta, serta pemotongan tumpeng oleh Basuki Tjahaja Purnama yang akan diberikan kepada tokoh dan budayawan Betawi. Selain itu, ada peresmian 400 humanoid atau manusia patung.

Usai upacara, acara peringatan HUT itu dilanjutkan dengan rapat Paripurna Istimewa DPRD DKI Jakarta. Sementara itu, malam harinya akan digelar puncak acara berupa resepsi yang akan dihadiri oleh sejumlah undangan dan tamu kehormatan.

"Sejumlah hiburan seperti musik tradisional Gambang Kromong dan pameran foto 'Colour of Jakarta' dijadwalkan akan ikut memeriahkan acara dimaksud," pungkas Eko.

TOP