Sambut HUT DKI, Naik Transjakarta Gratis

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Dunih | Kamis, 19 Juni 2014 17:20 WIB | Dibaca 3424 kali
Sambut HUT DKI, Naik Transjakarta Gratis (Foto : / Beritajakarta.id)

Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-487 dipastikan bakal meriah. Selain akan diisi dengan kegiatan Jakarnaval dan Jakarta Night Festival (JNF), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga akan menggratiskan warga yang hendak menggunakan layanan bus Tranjakarta sejak tanggal 21-22 Juni 2014. Hal ini dimaksudkan agar warga Jakarta bisa menikmati transportasi massal kebanggaan ibu kota tersebut.

"Kita gratiskan sejak Sabtu pukul 18.00 sampai Minggu pukul 22.00 "

"Kita gratiskan sejak Sabtu pukul 18.00 sampai Minggu pukul 22.00," kata Pargaulan Butar Butar, Kepala Unit Pengelola (UP) Transjakarta, kepada beritajakarta.com, Kamis (19/6).

Ia menambahkan, ini merupakan agenda rutin Pemprov DKI dalam menyambut hari jadi kota Jakarta. Dengan diberlakukan kebijakan ini, warga biasanya sangat antusias untuk naik Transjakarta.

"Tahun kemarin sampai 5.000 penumpang dalam satu hari, sampai kewalahan dan saya rasa tahun ini sama," ujarnya.

Namun, ia meminta warga yang hendak menggunakan bus Transjakarta tetap menjaga ketertiban dengan mengantre di halte yang telah disediakan. "Mudah-mudahan penumpang tertib dan sabar dalam mengantre naik Transjakarta," ucapnya.

Sedangkan untuk kelancaran kegiatan Malam Muda Mudi atau Jakarta Night Festival (JNF) Sabtu (21/6), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Polda Metro Jaya juga akan melakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas selama acara berlangsung. Penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 16.00. Namun, penutupan total baru dilakukan pukul 19.00-23.00.

Jalan yang akan ditutup untuk mendukung acara yakni, mulai dari Jl Sudirman (Dukuh Atas), Jl MH Thamrin, Jl Medan Merdeka Barat, Jl Medan Merdeka Selatan, dan Jl Majapahit. Di sepanjang jalan tersebut akan diadakan acara Malam Muda Mudi dengan konsep car free night.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Muhammad Akbar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pengalihan arus dengan adanya penutupan jalan tersebut. Pengalihan yang dilakukan yakni di bundaran patung kuda, kendaraan diarahkan ke Jl Budi Kemuliaan. Kemudian di traffic light Kebon Sirih, kendaraan diarahkan menuju ke Jl Kebon Sirih arah timur (ke arah Tugu Tani) dan ke arah barat (ke arah Tanah Abang). Sementara di traffic light Sarinah kendaraan diarahkan menuju ke Jl Wahid Hasyim arah barat/ke arah Tanah Abang dan ke arah timur/ke arah traffic light Jl Sabang.

Di Bundaran HI kendaraan diarahkan menuju ke Jl Imam Bonjol-traffic light Jl Cokroaminoto-dan seterusnya. Kendaraan dari Dukuh Atas dialihkan ke Jl Galunggung-Jl Cokroaminoto-Menteng-Tugu Tani-Jl Medan Merdeka Timur-Jl Juanda dan seterusnya. Sementara kendaraan di Jalan Sudirman arah utara akan dialihkan melalui Jalan Penjernihan

TOP