Dishub Siapkan Pengalihan Arus di Malam HUT Jakarta

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Widodo Bogiarto | Kamis, 19 Juni 2014 12:49 WIB | Dibaca 2611 kali
Dishub Siapkan Pengalihan Arus di Malam HUT Jakarta (Foto : / Beritajakarta.id)

Seiring dengan akan diselenggarakannya Malam Muda Mudi atau Jakarta Night Festival (JNF) pada HUT ke-487 Kota Jakarta, Sabtu (21/6), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Polda Metro Jaya akan melakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas selama acara berlangsung.Penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 16.00 secara bertahap.

"Parkir di gedung-gedung yang ada di sepanjang lokasi juga bisa digunakan, karena kita sudah koordinasikan dan diimbau secara tertulis"

Jalan yang akan ditutup untuk mendukung acara yakni, mulai dari Jl Sudirman (Dukuh Atas), Jl MH Thamrin, Jl Medan Merdeka Barat, Jl Medan Merdeka Selatan, dan Jl Majapahit. Di sepanjang jalan tersebut akan diadakan acara Malam Muda Mudi dengan konsep car free night.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Muhammad Akbar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pengalihan arus dengan adanya penutupan jalan tersebut. Penutupan akan dilakukan mulai pukul 16.00 WIB secara bertahap dan ditutup total pada 19.00, hingga pukul 23.00 WIB.

"Penutupannya bertahap mulai dari jalur lambat terlebih dahulu," kata Akbar, Kamis (19/6).

Pengalihan yang dilakukan yakni di bundaran patung kuda, kendaraan diarahkan ke Jl Budi Kemuliaan. Kemudian di traffic light Kebon Sirih, kendaraan diarahkan menuju ke Jl Kebon Sirih arah timur (ke arah Tugu Tani) dan ke arah barat (ke arah Tanah Abang). Sementara di traffic light Sarinah kendaraan diarahkan menuju ke Jl Wahid Hasyim arah barat / ke arah Tanah Abang dan ke arah timur / ke arah traffic light Jl Sabang.

Di Bundaran HI kendaraan di arahkan menuju ke Jl Imam Bonjol – traffic light Jl Cokroaminoto - dan seterusnya. Kendaraan dari Dukuh Atas dialihkan ke Jl Galunggung-Jl Cokroaminoto-Menteng-Tugu Tani-Jl Medan Merdeka Timur-Jl Juanda dan seterusnya. Sementara kendaraan di Jalan Sudirman arah utara akan dialihkan melalui Jalan Penjernihan.

Dishub DKI telah menyediakan kantong-kantong parkir seperti di Lapangan Parkir IRTI Monas, Masjid Istiqlal, Gedung DPRD DKI, serta gedung-gedung parkir Off Street yang ada di sepanjang lokasi.

"Parkir di gedung-gedung yang ada di sepanjang lokasi juga bisa digunakan, karena kita sudah koordinasikan dan diimbau secara tertulis," ujar Akbar.

Dikatakan Akbar, untuk dapat menuju lokasi-lokasi parkir tersebut diiimbau untuk melalui jalur-jalur sampingnya. Misalnya untuk menuju lapangan Parkir IRTI Monas bisa melalui Jl Medan Merdeka Barat kemudian belok kearah Jl Medan Merdeka Selatan. 

"Masyarakat yang ingin menghadiri dan meramaikan acara Malam Muda Mudi disarankan agar memarkirkan kendaraan pada lokasi-lokasi parkir yang telah disediakan," tukasnya.

TOP