Cegah Kekerasan Terhadap Anak Melalui Dasa Wisma

Reporter : Devi Lusianawati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 08 Oktober 2015 11:22 WIB | Dibaca 2821 kali
Cegah Kekerasan Terhadap Anak Melalui Dasa Wisma (Foto : / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menilai, salah satu faktor terjadinya tindak kekerasan terhadap anak adalah kurangnya pengawasan orangtua serta sikap acuh dari orang di sekitar tempat tinggal.

" Interaksi antara tetangga perlu digerakan untuk mengikis sikap individual"

Karena itu, Djarot menganggap perlu dibangkitkannya Dasa Wisma di Jakarta untuk menghilangkan sifat individualis yang ada di lingkungan masyarakat.

Dengan penerapan Dasa Wisma, lanjut Djarot, akan timbul sifat toleransi dan peduli sesama tetangga, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan di lingkungan tempat tinggalnya, mereka bisa segera melaporkan kepada pihak berwajib.

"Kalau dulu ada konsep Dasa Wisma, interaksi antara tetangga perlu digerakan untuk mengikis sikap individual di lingkungan," ujar Gatot, Kamis (8/10).

Ditambahkan Djarot, selain efektif mencegah kasus kekerasan dan penganiayaan pada anak, program Dasa Wisma juga efektif untuk mencegah aksi tawuran antar warga. Sebab, kata Djarot, dengan adanya interaksi antara tetangga maka akan tercipta komunikasi yang baik.

"Biasanya tawuran terjadi karena mereka butuh sarana untuk berekspresi, makanya kita akan perbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta," tandas Djarot.

TOP