Penerapan PHBS Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Reporter : Septradi Setiawan | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 07 Oktober 2015 21:15 WIB | Dibaca 3829 kali
Penerapan PHBS Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Foto : Ilustrasi / Beritajakarta.id)

Kondisi cuaca yang masih belum menentu ini, harus disikapi masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat mencegah penurunan daya tahan tubuh.

" Minum air putih yang banyak, konsumsi vitamin, makan yang sehat serta istirahat yang cukup. Pola seperti itu harus diterapkan baik musim kemarau maupun jelang musim pancaroba"

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Dewi Satiasari, mengajak seluruh masarakat agar meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara menerapkan PHBS.

"Minum air putih yang banyak, konsumsi vitamin, makan yang sehat serta istirahat yang cukup. Pola seperti itu harus diterapkan baik musim kemarau maupun jelang musim pancaroba," ujar Dewi, Rabu (7/10).

Dewi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan menggelar sosialisasi pembinaan program 10 indikator PHBS di  delapan wilayah kecamatan di Jakarta Barat. Agar meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan tubuh.

"Dua minggu lalu kami baru saja selesai sosialisasi PHBS. Nah dalam waktu dekat ini saat memasuki musim pancaroba, rencananya kami juga akan melaksanakan program yang sama di delapan kecamatan," tutur Dewi.

Adapun 10 indikator PHBS yakni persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, dan memberantas jentik di rumah.

"Selain itu makan sayur dan buah setiap hari, lalu melakukan aktifitas fisik, dan yang paling penting jangan merokok di dalam ruangan ataupun di rumah," tandasnya.

TOP