Kepulauan Seribu Optimis Raih Penghargaan Kelurahan Sadar Hukum

Reporter : Suparni | Editor : Widodo Bogiarto | Sabtu, 05 September 2015 11:19 WIB | Dibaca 3705 kali
Kepulauan Seribu Optimis Raih Penghargaan Kelurahan Sadar Hukum (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Kelurahan Pulau Panggang dan Kelurahan Pulau Kelapa yang terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara terpilih mewakili Kabupaten Kepulauan Seribu dalam lomba kelurahan sadar hukum yang digelar Kementerian Hukum dan HAM 2015.

"Berdasarkan kriteria yang ada kelurahan tersebut layak mendapatkan penghargaan "

Asisten Tata Pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Eko Suroyo mengatakan, terpilihnya Kelurahan Pulau Panggang dan Kelurahan Pulau Kelapa setelah pihaknya melakukan seleksi ketat terhadap enam kelurahan yang terdapat di Kepulauan Seribu.

"Berdasarkan kriteria yang ada kelurahan tersebut layak mendapatkan penghargaan. Alasannya karena pencapaian PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) di atas 99 persen, angka kriminalitas rendah, narkoba juga rendah dan tidak ada perkawinan di bawah umur," kata Eko, Sabtu (5/9).

Atas dasar itulah, Eko mengaku optimistis Kelurahan Pulau Panggang dan Kelurahan Pulau Kelapa dapat meraih Penghargaan Anubhawa Sasana dari Kementerian Hukum dan HAM. Tahun lalu Kelurahan Pulau Tidung meraih penghargaan ini.

"Di Kepulauan Seribu, hukum adalah jalan terakhir bagi kami, yang utama adalah cara-cara persuasif dan dialog dalam penyelesaian suatu masalah. Karena kesadaran hukum warga  kini semakin meningkat," jelas Eko.

TOP