15 Personel Gabungan Gelar Larvasida di Ciracas

Reporter : Nurito | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 24 Februari 2021 16:18 WIB | Dibaca 671 kali
15 Personel Gabungan Gelar Larvasida di Ciracas (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 15 personel gabungan dari unsur kelurahan, puskesmas, kader PKK, Jumantik, Dasawisma dan pengurus RT/RW, Rabu (24/2), menggelar kegiatan larvasida di wilayah RW 01, 07 dan RW 10 Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur.

" Kami juga warga diajak untuk menjadi juru pemantik mandiri "

Lurah Ciracas, Rikia Marwan Salahudin mengatakan, kegiatan edukasi dan sosialisasi ini dilakukan untuk menekan angka kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayahnya. Dalam giat ini, personel gabungan berkeliling kampung sambil membentangkan spanduk berisi ajakan kepada warga menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Kegiatan ini merupakan edukasi dan kampanye, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menekan angka kasus DBD. Tanpa peran serta masyarakat, kasus DBD tidak bisa ditekan secara maksimal,” kata Rikia.

Melalui kegiatan larvasida ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut memberantas sarang nyamuk dengan menguras penampungan air, mengubur barang bekas, menutup tempat penampungan air dan mendaur ulang sampah bernilai ekonomi tinggi.

Warga juga diimbau untuk menghindari gigitan nyamuk penebar virus DBD dengan cara tidak tidur di pagi hari dari pukul 06.00 – 10.00 dan sore hari pukul 15.00 – 17.00.

"Kami juga ajak warga untuk menjadi juru pemantik mandiri (Jumantik) di rumahnya masing-masing," tandasnya.

TOP