Datangi BNPB, Anies Perkuat Koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Tangani COVID-19

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 18 Maret 2020 16:34 WIB | Dibaca 2025 kali
Datangi BNPB, Anies Perkuat Koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Tangani COVID-19 (Foto : Istimewa / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendatangi Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, untuk melakukan rapat kordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Rabu (18/3).

"P enularan yang begitu cepat"

Dalam rapat kordinasi tersebut, Gubernur Anies mempresentasikan langkah-langkah yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Seperti kita ketahui bahwa persoalan COVID-19 ada pada tingkat penularan yang begitu cepat, kami menggarisbawahi apa yang selama ini menjadi pesan jaga jarak, pastikan setiap kita selalu dalam kondisi bersih, cuci tangan rutin, pastikan bahwa bila ada kebijakan bekerja dari rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah. Ini adalah cara-cara yang bisa dikerjakan secara masif oleh setiap kita, maka kita menjadi orang yang ikut menghentikan penyebaran COVID-19," ujar Anies, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Anies menegaskan komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk terus berkordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam menangani penyebaran COVID-19.

"Kita memastikan bahwa langkah-langkah yang dilakukan DKI sejalan dengan strategi taktik dalam menghadapi ini (COVID-19) yang dipimpin Kepala BNPB. Kita memastikan kordinasi berjalan dengan baik dan insya Allah kita bisa kendalikan ini sebaik-baiknya," terangnya.

Ia berharap, agar kordinasi bukan hanya lintas pemerintah, namun peran warga dalam pencegahan penyebaran COVID-19 juga diperkuat.

"Seluruh unsur masyarakat penting sekali untuk memahami cara mencegah penularan dan secara sadar bertanggung jawab menjadi pelaku pencegahan. Harapannya kita bisa menjaga agar penularan COVID-19 tidak meningkat tapi malah justru terkendali dan bisa menurun," ungkapnya.

Sementara itu Kepala BNPB, Doni Monardo, menjelaskan kordinasi antara pemerintah pusat dan daerah memegang peran penting dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

"Sekarang waktunya fokus supaya masyarakat semua paham apa ancaman yang kita hadapi dan bagaimana cara kita menghadapinya secara bersama-sama. Pesan saya selaku kepala Gugus Tugas untuk bisa mengoptimalkan semua potensi yang ada mulai dari tingkat provinsi, kotamadya, kelurahan, hingga RT/RW. Bersatu padu, bergandengan tangan, saling menjaga satu sama lain, adalah solusi yang paling baik saat ini," tandasnya.

TOP