Wawancara Khusus

Menunaikan ZIS Melalui BAZIS

djubaidi_adih_dok.jpg

Badan Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta merupakan salah satu lembaga yang menerima dan menyalurkan Zakat, infaq dan shadaqah (ZIS). Dana ZIS yang diamanatkan para muzakki akan diberikan kepada para mustahik hingga membantu pembangunan rumah ibadah dan kegiatan sosial lainnya.

Pengelolaan ZIS di BAZIS Provinsi DKI Jakarta telah dilakukan dengan sistem administrasi, tata usaha yang baik serta dapat dipertanggungjawabkan. Tak heran, kepercayaan masyarakat dalam menunaikan ZIS melalui BAZIS semakin menunjukkan peningkatan.

Ramadan, menjadi momentum lebih meningkatkan para muzakki untuk menunaikan ZIS. Lalu, strategi apa yang dilakukan BAZIS Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan penerimaan ZIS?

Berikut petikan wawancara Redaktur Beritajakarta, F Ekodhanto Purba dengan Kepala BAZIS Provinsi DKI Jakarta, Djubaidi Adih di ruang kerjanya, Gedung Graha Mental Spriritual, Jl KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Apa tugas dan fungsi BAZIS Provinsi DKI Jakarta?

Secara umum BAZIS Provinsi DKI Jakarta, mempunyai tugas dan fungsi untuk mengumpulkan dana dari para muzakki (orang yang berzakat) dan munfiq (orang yang berinfak). Selanjutnya, disalurkan kepada para mustahik dan keperluan umat lainnya.

Bagaimana strategi sosialisasi BAZIS Provinsi DKI Jakarta dalam mendorong kesadaran warga Jakarta untuk menunaikan zakat, terlebih dalam momentum Ramadan ini?

Bazis Provinsi DKI Jakarta terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang akan membayar zakat, berinfaq dan bershadaqah. Bahkan, kita menggelar satu kegiatan yang menjadi ikon bagi Pemprov DKI yang kami sebut Peduli Umat. Kegiatan ini kami laksanakan khusus saat Ramadan.

Apa yang dimaksud program Peduli Umat tersebut?

Bulan Ramadan ini, kita kumpulkan orang yang akan berzakat dan penerima zakat. Dalam pelaksanaan tahun ini, Peduli Umat diselenggarakan di Balai Sudirman dengan jumlah undangan 3.000 mustahik serta ratusan muzakki.

Siapa yang menjadi Muzakki dalam acara Peduli Umat ini?

Mereka biasanya para pejabat Eselon II, III, dan IV. Selain itu, juga kita kumpulkan perusahan milik daerah hingga perorangan lainnya.