UP2K Kelapa Gading Barat Juara Lomba Membuat Tas Ramah Lingkungan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 28 Agustus 2020 16:42 WIB | Dibaca 386 kali
UP2K Kelapa Gading Barat Juara Lomba Membuat Tas Ramah Lingkungan (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Kelompok Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) La Javanaise Kelurahan Kelapa Gading Barat, meraih juara pertama lomba membuat tas belanja ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Rakyat (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Utara.

"Kantong belanja ramah lingkungan yang dilombakan harus bervariasi model dan bentuknya. "

Sedangkan juara kedua diraih oleh UP2K Cempaka 13 Kelurahan Tanjung Priok dan juara ketiga diraih oleh UP2K Rerun 15 Kelurahan Tugu Utara.

Ketua II TP PKK Jakarta Utara, Siti Nurlaela Desi Putra mengatakan, kegiatan peningkatan prestasi membuat kantong belanja ramah lingkungan ini merupakan bagian dari upaya mengurangi sampah plastik.

"Kantong belanja ramah lingkungan yang dilombakan harus bervariasi model dan bentuknya. Juga terbuat dari bahan yang kuat dan tahan terhadap air. Jadi dapat dicuci atau dibersihkan dan bisa digunakan berkali-kali," katanya, Jumat (28/8).

Dijelaskannya, lomba ini mengambil tema 'Semangat Kemerdekaan Dalam Menjaga Lingkungan Bebas Plastik'. Diharapkan kegiatan dapat menambah semangat anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, khususnya kader Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dapat terus berkarya dan berproduksi sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarganya di masa pandemi COVID-19.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, selain tas belanjanya dapat mengganti kantong plastik, kegiatan juga mendukung Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.

Dia menyatakan, hal itu tidak lepas dari kondisi sampah saat ini sekitar 60 persennya berasal dari sampah rumah tangga. Karenanya, upaya memilah sampah, terutama jenis plastik, mulai dari rumah sangat penting.

"Kami harap kegiatan ini dilakukan secara berkala, agar kantong belanja ramah lingkungan ini dapat bermanfaat untuk orang banyak. Tidak hanya bagi warga Jakarta Utara saja, tetapi bisa untuk seluruh DKI Jakarta," tandasnya.

TOP