Daging Hewan Kurban di Pulau Permukiman Telah Diperiksa Petugas Kesehatan

Reporter : Suparni | Editor : Budhy Tristanto | Minggu, 02 Agustus 2020 12:49 WIB | Dibaca 622 kali
Daging Hewan Kurban di Pulau Permukiman Telah Diperiksa Petugas Kesehatan (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta dibantu enam dokter dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang DKI Jakarta, memeriksa kesehatan daging hewan kurban yang dipotong  di Kepulauan Seribu.

"Total yang dipotong dan diperiksa petugas ada 244 ekor.  "

Kepala Seksi Peternakan dan  Hewan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Guyantoro mengatakan, pemotongan hewan kurban di pulau - pulau permukiman tidak dilakukan bersamaan sehingga memudahkan petugas melakukan pemeriksaan.

"Total yang dipotong dan diperiksa petugas ada 244 ekor," ujarnya, Minggu (2/8).

Dia mengungkapkan, 244 ekor hewan kurban yang tersebar di enam kelurahan tersebut terdiri dari 48 ekor sapi, 64 ekor kambing dan 132 ekor domba.

Dari jumlah hewan kurban yang dipotong tersebut petugas menemukan cacing hati pada delapan ekor sapi dan satu ekor kambing. Temuan lainnya berupa radang paru-paru pada satu ekor sapi dan satu kambing.

"Sebanyak 11,5 kilogram hati dan dua kilogram paru-paru hasil temuan pemeriksaan tersebut oleh petugas langsung dimusnahkan dilokasi," terangnya.

Dia berharap, dengan adanya pemeriksaan oleh petugas daging kurban yang diberikan kepada warga ini aman untuk dikonsumsi. 

"Semoga dengan adanya pemeriksaan oleh petugas, daging yang dibagikan terjamin aman, sehat dan layak konsumsi," tandasnya.

TOP