UP Museum Kebaharian Gelar Workshop Melukis Sketsa dari Kopi

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Andry | Minggu, 12 Juli 2020 19:02 WIB | Dibaca 703 kali
UP Museum Kebaharian Gelar Workshop Melukis Sketsa dari Kopi (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Unit Pengelola (UP) Museum Kebaharian menggelar workshop melukis sketsa dari bahan kopi bertajuk 'Lukis Sketsa Kopi Bahariku' di Museum Bahari Jakarta, Penjaringan, Jakarta Utara.

" Kopi merupakan salah satu rempah rempah kekayaan alam Indonesia yang dahulu diangkut dan diperdahangkan di Pelabuhan Sunda Kelapa. Artinya, sebagai salah satu komoditi, kopi dari dulu sudah akrap dengan Pelabuhan Sunda Kelapa,""

Workshop tersebut diramaikan dengan demonstrasi membuat karya lukisan dari bahan kopi yang dipertunjukan Coffee Painter Indonesia, Jan Praba.

"Kopi selain untuk diminum, juga dapat sebagai bahan alternatif untuk melukis. Bila tidak ada cat minyak, kopi bisa digunakan untuk membuat karya lukisan," ujar Jan di lokasi, Minggu (12/7).

Jan melanjutkan, berbagai jenis kopi dapat digunakan untuk melukis. Caranya pun dinilai sangat mudah. Di mana kopi hanya cukup dicampur dengan air secukupnya.

"Selanjutnya kita tinggal mengambil kuas lalu menggunakan kopi yang dicampur air untuk melukis ke kain kanvas," katanya.

Sementara itu, Kasubag TU UP Museum Kebaharian, Mis Ari menuturkan, workshop melukis sketsa dari bahan kopi digelar karena kopi merupakan rempah-rempah yang dahulu diangkat dan diperdagangkan di Pelabuhan Sunda Kelapa.

"Selain dapat menjadi bahan alternatif melukis, kami juga ingin mempromosikan kopi Indonesia yang memang beragam dan melimpah," tandasnya.

TOP