Monitoring Penggunaan KBRL Dilakukan di Pasar Rebo

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Kamis, 09 Juli 2020 14:45 WIB | Dibaca 542 kali
Monitoring Penggunaan KBRL Dilakukan di Pasar Rebo (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Monitoring penggunaan kantong belanja ramah lingkungan (KBRL) terus dilakukan. Seperti di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur yang hari ini melakukan pemantauan di tiga pasar tradisional dan sejumlah minimarket. Hasilnya, semakin banyak pedagang khususnya di pasar tradisional mulai beralih menggunakan KBRL.

"Dari hasil pemantauan yang kami lakukan semakin banyak pedagang yang menyediakan kantong belanja ramah lingkungan, "

Wakil Camat Pasar Rebo, Santoso mengatakan, pemantauan penggunaan KBRL yang dilakukan pihaknya hari ini menyasar Pasar Cijantung, pasar tumpah Jl Belly dan pasar tumpah Jl Gandaria serta sejumlah gerai minimarket di Kelurahan Pekayon. Kegiatan ini sesuai dengan Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Tradisional.

"Dari hasil pemantauan yang kami lakukan semakin banyak pedagang yang menyediakan kantong belanja ramah lingkungan. Sedangkan di minimarket sudah mematuhi peraturan ini," ujar Santoso, Kamis (8/9).

Dikatakan Santoso, pihaknya akan terus menyosialisasikan kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan kepada para pedagang maupun pembeli. Selain itu, pihaknya juga akan memasang spanduk berisikan imbauan penggunaan KBRL di sejumlah lokasi strategis.

"Kepada pengelola pasar tradisional juga agar menempatkan penjual KBRL sehingga warga dengan mudah bisa mendapatkannya," tandasnya.

 

TOP