PD PAL Jaya Targetkan Pembangunan IPAL Krukut Selesai Pertengahan 2021

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Budhy Tristanto | Minggu, 08 Desember 2019 14:08 WIB | Dibaca 1740 kali
PD PAL Jaya Targetkan Pembangunan IPAL Krukut Selesai Pertengahan 2021  (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

PD PAL Jaya menargetkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Krukut di Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, akan  selesai dalam kurun waktu 18 bulan ke depan atau pertegahan 2021 nanti.

"Tentu laporan akan kami berikan setiap minggu, baik di website resmi maupun di media sosial lainnya "

Direktur Utama PD PAL Jaya, Subekti mengatakan, IPAL berteknologi Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) ini akan dibangun bertingkat dengan luas areal sekitar 1.200 meter persegi.

"IPAL ini memiliki kapasitaa 8.640 meter kubik perhari atau 100 liter perdetik," ujarnya, saat acara groundbreaking IPAL Krukut, MInggu (8/12).  

Agar waktu pembangunan bisa selesai sesuai target, tegas Bekti, pihaknya akan melaporkan progres pelaksanaan pembangunan setiap pekan sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.  

"Tentu laporan akan kami berikan setiap minggu, baik di website resmi maupun di media sosial lainnya," tuturnya.

Bekti mengungkapkan, IPAL berteknologi MBBR ini nantinya akan menampung limbah kotoram dari Jalan Gatot Subroti, Bendungan Hilir, serta Senayan.

Limbah tersebut, jelas Bekti, akan diolah dan dijadikan air bersih untuk menyiram tanaman oleh Dinas Kehutanan dan dapat dimanfaatkan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan untuk memadamkam api.

"Airnya juga akan dijual di gedung-gedung sekitar MBBR sebagai flush toilet.  Hasil IPAL Krukut direcycle teknologinya mampu menyisakan lumpur setengah meter kubik perhari," tandasnya.

TOP