Ini Badan Publik Peraih Anugerah Informasi Publik

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 14 November 2019 19:04 WIB | Dibaca 1007 kali
Ini Badan Publik Peraih Anugerah Informasi Publik  (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Komisi Informasi (KI) Provinsi DKI Jakarta, menggelar penganugerahan keterbukaan informasi kepada badan publik di lingkungan Pemprov DKI.  

" Performa layanan informasi publik meningkat  signifikan dari tahun ke tahun pada setiap badan publik,"

Acara yang dilaksanakan di Balai Agung, Gedung Balai Kota DKI ini merupakan puncak penilaian evaluasi layanan informasi yang dilakukan terhadap 28 dari total 72 badan publik di lingkungan Pemprov DKI Jakarta,

Ketua Komisi Informasi DKI Jakarta, Alamsyah Basri mengatakan, penganugerahan ini menjadi bukti implementasi dari komitmen setiap badan publik dalam menunaikan amanat UU Nomor 14 tahun 2008 perihal Keterbukaan Informasi Publik.

"Keterbukaan informasi publik tidak sekadar lip service, tapi harus jadi budaya. Dalam pengelolaannya perlu kolaborasi dan inovasi agar terwujud Jakarta yang Maju Kotanya, Bahagia Warganya," ujar Alamsyah.

Menurut Alamsyah, dari hasil evaluasi yang dilakukan terhadap dinas, badan, biro, BUMD, Pemerintah Kota dan Kabupaten serta RSUD, rata-rata angka partisipasinya mengalami peningkatan.

"Performa layanan informasi publik meningkat  signifikan dari tahun ke tahun pada setiap badan publik," ungkapnya.  

Penanggung Jawab Penganugerahan Komisi Informasi DKI Jakarta, Wa Ode Asmawati menjelaskan, sebanyak 17 badan publik menerima award keterbukaan informasi publik.

Penilaian layanan informasi publik tahun ini ditambahkan dengan penggunaan sosial media dan pengembangan inovasi di masing - masing badan publik.

"Badan publik yang mengikuti evaluasi tahun ini cukup kompetitif. Banyak yang sebelumnya tidak mendapat peringkat, kini mendapat peringkat karena progresnya bagus," jelasnya.

Sementara Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman DKI Jakarta, Suharti memaparkan, Pemprov DKI terus berkomitmen sebagai provinsi yang informatif.  

"Ke depan, akan lebih baik lagi. Pesan Gubernur DKI, kita akan terus berinovasi dan berkolaborasi mewujudkan Maju Kotanya, Bahagia warganya," tandasnya.

Pada kesempatan ini, anugerah keterbukaan informasi publik kategori pemerintah kota diraih Pemkot Jakarta Barat, untuk kategori dinas penghargaan pertama disabet Dinas Perindustrian dan Energi.

Kategori Badan diraih oleh Bappeda; kategori BUMD didapat PT Transjakarta, lalu RSUD Tarakan untuk kategori rumah sakit dan Biro Kesejahteraan Sosial untuk kategori Biro.

TOP