Satpol PP Jakut Uji Coba Tim Patroli Bersepeda

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Minggu, 10 November 2019 12:54 WIB | Dibaca 1017 kali
Satpol PP Jakut Uji Coba Tim Patroli Bersepeda (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Jajaran Satpol PP Kota Administrasi Jakarta ⬆ mengujioperasionalkan penggunaan sepeda untuk patroli rutin harian. Bila dinilai efektif, pengunaan sepeda bakal menjadi standar operasional prosedur (SOP) patroli rutin.

"Apalagi di tingkat kelurahan yang kawasannya lebih pas menggunakan sepeda"

Kepala Seksi Penyidikan Pegawai Negeri Sipil dan Penindakan Satpol PP Jakarta Utara, Budi Salamun mengatakan, pengujicobaan penggunan sepeda untuk patroli sudah dilaksanakan sejak dua pekan lalu. Selain mengurangi dampak polusi kendaraan bermotor, penggunaan sepeda juga bertujuan menjaga kebugaran petugas.

"Penerapannya mulai dari tingkat kota sampai ke kelurahan. Sudah sekitar dua pekan kita ujicobakan," katanya, Minggu (10/11).

Dijelaskan Budi, ujicoba tim patroli bersepeda di tingkat kota berkekuatan sebanyak 60 personel dibagi sesuai shift tugas. Sedangkan di tingkat kelurahan, patroli petugas sudah menerapkannya dalam patroli dan pengawasan wilayah.

"Sejauh ini kita nilai cukup efektif ya. Apalagi di tingkat kelurahan yang kawasannya lebih pas menggunakan sepeda," tandasnya.

TOP