Aplikasi GOCEK Puskesmas Mampang Prapatan Telah Diakses 900 Pengguna

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Rabu, 06 November 2019 22:48 WIB | Dibaca 1912 kali
Aplikasi GOCEK Puskesmas Mampang Prapatan Telah Diakses 900 Pengguna (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Aplikasi berbasis Android, GOCEK milik Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, sejak Maret 2019 lalu hingga kini telah diakses 900 pengguna.

"Dengan aplikasi GOCEK, kita juga bisa tahu Indeks Massa Tubuh (IMK) kita termasuk normal atau obesitas, "

Kepala Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, Melvin Sijabat mengatakan, aplikasi GOCEK dibuat untuk mendeteksi sejak dini penyakit hipertensi yang dapat memicu penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung.

"Dengan aplikasi GOCEK, kita juga bisa tahu Indeks Massa Tubuh (IMK) kita termasuk normal atau obesitas. Karena pada dasarnya obesitas mengakibatkan seseorang mengalami hipertensi," ujarnya, Rabu (6/11).

Ia menuturkan, selama ini, pihaknya juga telah mensosialisasikan aplikasi GOCEK ke masyarakat dalam berbagai kegiatan seperti Posyandu dan Posbindu.

"Kami harapkan masyarakat bisa mendeteksi secara dini apakah dirinya mengalami hipertensi, obesitas atau tidak," ucapnya.

Melvin menjelaskan, aplikasi GOCEK bisa diunduh masyarakat di playstore. Setelah diunduh, pengguna harus meregistrasi terlebih dahulu dan mengisi data pribadi di aplikasi tersebut.

"Setelah lengkap, datanya disimpan di aplikasi. Begitu ada keterangan berhasil simpan, maka bisa langsung login menggunakan e-mail dan password yang sudah diisi saat registrasi," ucapnya.

Menurut Melvin, di dalam aplikasi tersebut, ada beberapa informasi tentang hipertensi, riwayat penyakit, data diri, isian berat badan, tinggi badan dan lingkar perut. Informasi itu juga memunculkan keterangan IMT seseorang apakah termasuk obesitas atau normal.

"Ini sebagai antisipasi supaya kita tidak terkena stroke dan jantung," tandasnya.

TOP