Deputi Gubernur Bidang LH Jadi Pembicara Workshop Soot Free Urban Bus Fleet

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Andry | Kamis, 12 September 2019 14:48 WIB | Dibaca 331 kali
Deputi Gubernur Bidang LH Jadi Pembicara Workshop Soot Free Urban Bus Fleet (Foto : Adriana Megawati / Beritajakarta.id)

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Lingkungan Hidup (LH), Oswar Muadzin Mungkasa bersama Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Agung Wicaksono menjadi narasumber di acara Regional Workshop Soot Free Urban Bus Fleet in Asia yang digelar di Hotel Pullman, Jakarta Pusat dari 12-13 September 2019.

" Kita lagi mau mengurangi emisi di Jakarta,"

Pada kesempatan itu, Oswar mengatakan, workshop yang mengangkat tema 'Progress and Next Steps: the Challenges of Zaro Emission Bus' ini digelar untuk mencari solusi atas persoalan pencemaran udara di kota-kota besar di Asia, termasuk Jakarta.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Lingkungan Hidup, Oswar Muadzin Mungkasa mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mencari solusi adanya pencemaran udara di kota-kota besar di Asia termasuk Jakarta. 

"Kita akan mengurangi emisi di Jakarta. Salah satunya dengan menggunakan bus listrik. Kita lagi coba dan belajar dari kota-kota lain di Asia," ujarnya di lokasi, Kamis (12/9).

Menurut Oswar, dengan adanya workshop seperti ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dapat mempelajari regulasi untuk mengurangi emisi di Ibukota dengan bus listrik.

"Kita sedang uji coba di beberapa bus. Masyarakat juga perlu disosialisasikan tentang bus listrik itu seperti apa," katanya.

Di tempat yang sama, Dirut PT Transjakarta, Agung Wicaksono menambahkan, untuk mendukung gerakan mengurangi polusi udara pihaknya telah meluncurkan Jak Lingko yang mengerintergrasikan angkutan kota (angkot) dengan bus Transjakarta.

"Tahun depan target kita ada 10 ribu angkot yang terintergrasi dengan bus Transjakarta," tandasnya.

TOP