Pemprov DKI Siap Dukung Popnas XV di Jakarta

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 11 September 2019 15:09 WIB | Dibaca 331 kali
Pemprov DKI Siap Dukung Popnas XV di Jakarta (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap mendukung kesuksesan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV tahun 2019. DKI Jakarta dipilih Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) setelah Papua menyatakan ketidaksanggupan menyelenggarakan kegiatan tersebut. 

" Fasilitas yang kita miliki bisa digunakan"

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Asep Saepudin mengatakan, venue-venue yang ada di Jakarta, termasuk Gelanggang Olahraga dan Gelanggang Remaja siap digunakan. 

"Sebagai tuan rumah, fasilitas yang kita miliki bisa digunakan. Prinsipnya, kita siap mendukung kesuksesan Popnas yang diselenggarakan Kemenpora," ujarnya, saat acara diskusi Menakar Kesiapan DKI Jakarta Sebagai Tuan Rumah Popnas XV/2019, di Grand Cempaka Business Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (11/9). 

Asep menjelaskan, biaya penyelenggaraan Popnas XV akan ditanggung oleh Kemenpora. Pasalnya, dari sisi penganggaran sudah tidak memungkinkan dibiayai melalui APBD. "Ini persiapan yang sangat mendadak karena venue di Papua ternyata belum siap dan akan difokuskan untuk PON XX," terangnya. 

Di tempat yang sama, Sekretaris Umum KONI DKI Jakarta, Djamran menuturkan, Popnas harus tetap berlangsung karena menjadi salah satu mata rantai penting pembinaan atlet. 

"Mereka sudah berlatih keras, jangan sampai ada kekecewaan," ungkapnya. 

Ia menambahkan, DKI Jakarta optimistis bisa meraih prestasi terbaik di ajang Popnas karena berbagai persiapan sudah dilakukan dengan maksimal. 

"Mudah-mudahan DKI Jakarta bisa menjadi Juara Umum. Terpilih Jakarta sebagai tuan rumah tetap kita dukung, ini demi Merah Putih. Semoga dengan terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah bisa menambah motivasi atlet kita," ucapnya. 

Sementara, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto menuturkan, dari rencana 20 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan akan ada penyusutan menjadi sekitar 10 cabor dengan tiga alternatif. 

"Untuk cabor potensial yang akan dipertandingkan yakni, atletik, renang, bulutangkis, basket, bola voli, pencak silat, sepak takraw, tenis, dan tenis meja. Sementara, untuk sepak bola, taekwondo dan dayung masih dipertimbangkan untuk dipilih salah satunya," kata Gatot. 

Ia mengapresiasi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beserta seluruh jajaran terkait yang langsung memberikan keputusan cepat untuk mendukung pelaksanaan Popnas di Jakarta. 

"Terima kasih Pak Gubernur karena akan menggratiskan seluruh venue yang bisa digunakan untuk Popnas XV," tandasnya.

TOP