Anies Kukuhkan Panitia Bulan Dana PMI 2019

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 29 Agustus 2019 17:05 WIB | Dibaca 506 kali
Anies Kukuhkan Panitia Bulan Dana PMI 2019 (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengukuhkan Panitia Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (29/8).

" Tugas kemanusiaan PMI membutuhkan pembiayaan"

Bulan Dana PMI dilaksanakan untuk menghimpun dana, yang nantinya dana tersebut akan dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam berbagai bentuk pelayanan, antara lain kegiatan tanggap darurat bencana, sosial dan kesehatan, pelayanan dapur umum, evakuasi korban bencana, pembinaan generasi muda melalui wadah Palang Merah Remaja (PMR), pembinaan kader relawan, pembinaan tenaga pelatih dan guru pembina PMR, pelayanan Ambulans, serta pelayanan pemulihan hubungan keluarga (Restory Family Links), dan operasional.

Anies berharap, dalam Bulan Dana tahun ini terjadi peningkatan donasi yang terkumpul, mengingat pada kegiatan Bulan Dana PMI Tahun 2018, telah berhasil menghimpun dana sebesar Rp 19,8 miliar. Perolehan hasil Bulan Dana PMI tersebut  mengalami  kenaikan  sebesar 31 persen dibandingkan tahun 2017 yang mencapai Rp 15,1 miliar.

"Kita tahu bahwa tugas kemanusiaan yang dititipkan kepada PMI membutuhkan pembiayaan, dan sumber itu didapat salah satunya dari donasi masyarakat, selain tentu dari anggaran pemerintah, baik pusat maupun daerah. Kita menargetkan terjadi peningkatan pengumpulan dana. Tahun 2018, kita berhasil meningkat 31 persen dari tahun sebelumnya. Karena itu, diharapkan tahun ini meningkat minimal 20 persen," ujar Anies, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Selain mengajak warga untuk berdonasi, Anies juga mengajak warga mengingat peran dan kehadiran PMI dalam setiap keadaan kedaruratan.

"Saya ingin mengajak kepada seluruh komponen masyarakat, mari ingat PMI di saat tidak ada masalah, karena biasanya PMI dibutuhkan saat kita butuh darah, bencana dan lainnya. Maka dari itu, mari di saat kondisi kritis PMI hadir itu membutuhkan sumber daya dan kita berikan donasi yang tak lebih tak kurang akan dipakai untuk kegiatan kemanusiaan di PMI," terangnya.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza mengharapkan kepada Panitia yang dilantik agar dapat melaksanakan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Kami mengharapkan kepada segenap Panitia Bulan Dana PMI yang dilantik agar memiliki strategi yang tepat dan dengan cara yang simpatik dalam menghimpun dana kemanusiaan tersebut," tandasnya.

Untuk diketahui, pembukaan Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta ditandai dengan penyerahan kupon Bulan Dana PMI secara simbolis oleh Anies kepada para Ketua Bulan Dana Tingkat Provinsi, Kota, dan Kabupaten. Masing-masing, diserahkan tiga buku dengan nominal Rp 2.000, Rp 5.000, dan Rp 20.000.

TOP