Jakut Gelar Koordinasi Lintas Sektor Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Bayi

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 14 Agustus 2019 21:38 WIB | Dibaca 397 kali
Jakut Gelar Koordinasi Lintas Sektor Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Bayi (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Adminsitrasi Jakarta Utara, menggelar koordinasi lintas sektor untuk meningkatkan kualitas Antenatal Care (ANC) dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi.

"Tugas kita memastikan bahwa warga dalam keadaan sehat, "

Kegiatan yang diikuti 80 peserta perwakilan Sudin Dukcapil, Sudin Sosial, kecamatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Bidan Indonesia dan kader PKK Jakarta Utara, digelar di Ruang Fatahillah, kantor wali kota setempat.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman mengatakan, semua elemen memiliki peran. Termasuk jajaran pemerintahan dan kader PKK di wilayah

"Tugas kita memastikan bahwa warga dalam keadaan sehat dan selalu mengingatkan untuk mengecek kesehatan secara rutin," ujarnya, Rabu (14/8).

Dengan peran serta seluruh pihak, Wawan berharap di wilayah Jakarta Utara bisa ditekan.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati menjelaskan, dari bidang kesehatan pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan berbagai upaya diantaranya pencegahan anemia melalui skrining kesehatan sejak usia remaja, pra nikah, pra kehamilan, sampai dengan kehamilan.

"Tapi tidak bisa hanya dari aspek kesehatan saja. Semua pihak harus terlibat melakukan preventif agar benar-benar bisa menekan angka kematian ibu dan bayi," tandasnya.

TOP