10 Kilogram Pakcoy Dipanen di Kantor Dinas KPKP

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 09 Agustus 2019 12:40 WIB | Dibaca 387 kali
10 Kilogram Pakcoy Dipanen di Kantor Dinas KPKP (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Sebanyak 10 kilogram pakcoy hasil pertanian perkotaan atau urban farming berhasil dipanen dari Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian(KPKP) DKI Jakarta di Jalan Gunung Sahari Raya, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

" Memanfaatkan lahan seluas 300 meter persegi"

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, hasil panen langsung dibagikan ke karyawan Dinas KPKP, serta diolah menjadi minuman segar smoothies pakcoy untuk konsumsi. 

"Tadi kita lakukan panen usai acara olahraga bersama dan kerja bakti. Pertanian perkotaan ini merupakan kegiatan berkelanjutan setiap usai panen kita lakukan penanaman kembali," ujarnya, Jumat (9/8).

Darjamuni menjelaskan, Dinas KPKP  sedang melakukan penataan kebun percontohan baik green house, vertiminaponik, hidroponik maupun tabulampot. Ia berharap, adanya kebun percontohan ini bisa menginspirasi perkantoran lainnya dalam memanfaatkan areal yang ada untuk urban farming.

"Seperti di sini, kami memanfaatkan lahan seluas 300 meter persegi untuk budi daya tanaman sayuran dan yang lainnya. Semoga dengan keterbatasan lahan semua akntor kelurahan, kecamatan, dan kantor wali kota juga bisa mengimplementasikan pertanian perkotaan," terangnya.

Sementara, Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas KPKP, Taufik Yulianto menambahkan, pertanian perkotaan di area perkantoran banyak memberikan manfaat. Selain lingkungan menjadi lebih hijau dan asri, hasil panennya pun bisa dikonsumsi bersama untuk meningkatkan keakraban karyawan kantor.

"Tidak hanya kantor-kantor pemerintah, kami mendorong perkantoran swasta juga bisa melakukan hal serupa," tandasnya.

TOP