Transjakarta Bakal Terapkan Pembayaran TOB di Bus Non BRT

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 07 Agustus 2019 12:44 WIB | Dibaca 2476 kali
 Transjakarta Bakal Terapkan Pembayaran TOB di Bus Non BRT (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Sistem pembayaran dengan alat electronic data capture (EDC) yang selama ini digunakan bus non Bus Rapid Transit (BRT), rencananya bakal diganti dengan alat pembayaran Tap On Bus (TOB). PT Transjakarta menargetkan, sampai akhir tahun ini semua bus non BRT sudah memakai alat pembayaran tersebut.

" Saat ini TOB baru terpasang di 100 armada Bus non BRT dari total 800 bus non BRT"

Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono mengatakan, dengan dibuatnya TOB maka penumpang Transjakarta tidak ada lagi yang menggunakan uang tunai.

"Fasilitas TOB akan menggantikan EDC dari Perbankan, saat ini TOB baru terpasang di 100 armada Bus non BRT dari total 800 bus non BRT," kata dia, Rabu (7/8).

Menurut Agung, fasilitas pembayaran dengan TOB ini akan memudahkan pelanggan Transjakarta, karena dapat menerima seluruh kartu elektronik untuk transaksi pembayaran di bus.

"Jadi sangat berbeda dengan mesin EDC yang hanya menerima pembayaran tertentu saja," tuturnya.

Saat ini, beber Agung, rute yang sudah memanfaatkan TOB yakni Tanah Abang-Stasiun Gondangdia (1H), Tanah Abang-Blok M (1N), Tanah Abang-Stasiun Senen (1R), Pinang Ranti -Pulogadung (4F), dan Kampung Melayu -Tanah Abang (5F).

"Nanti fasilitas pembayaran itu akan diterapkan diseluruh layanan non BRT.  Ini merupakan proses transformasi dari uang tunai sebagai alat pembayaran menuju cashless," tandasnya.

TOP