Dinkes Berikan Penghargaan Puskesmas Ramah Anak

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 25 Juli 2019 16:13 WIB | Dibaca 590 kali
Dinkes Berikan Penghargaan Puskesmas Ramah Anak  (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memberikan penghargaan Puskesmas Ramah Anak kepada 15 puskesmas, dalam acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-35 di Piazza Gandaria City Mall, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (25/7).  

"Momentum HAN ini diharapkan mampu meningkatkan deteksi dan penata laksanaan terkait pertumbuhan dan perkembangan anak."

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, penilaian Puskesmas Ramah Anak ini terbagi dalam empat kategori, yaitu Best Performance (BP) atau penilaian penampilan terbaik, Best Achievement (BA) atau penilaian peralatan terbaik, Best Equipmevent (BE) atau penilaian peralatan terbaik, serta penghargaan untuk puskesmas yang paling inovatif.

"Momentum HAN ini diharapkan mampu meningkatkan deteksi dan penatalaksanaan terkait pertumbuhan dan perkembangan anak," ujarnya.

Dijabarkan Widyastuti, untuk kategori Best Performance penghargaan diberikan kepada Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Kelapa Gading, Koja dan Puskesmas Kecamatan Ciracas.

Sedangkan untuk kategori Best Achievement (BA) diraih Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, Kebayoran  Baru, Pasar Minggu dan  Puskesmas Kecamatan Kramat Jati.

Untuk kategori Best Equipmevent (BE) penghargaan diberikan kepada Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Cilincing, Kalideres, Tambora, Grogol Petamburan, Mampang Prapatan dan Puskesmas Kecamatan Cipayung.

"Dari semua itu, lima di antaranya mendapat penghargaan sebagai Puskesmas Ramah Anak Terinovatif. Yaitu, Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Kelapa Gading, Ciracas, Kalideres dan Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih," bebernya.

Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Munjirin menambahkan, kegiatan ini sangat bagus untuk memotivasi puskesmas agar lebih berinovasi dalam pelayanan terhadap anak-anak.

Dia juga meminta agar masyarakat mengajarkan segala kebaikan dalam keluarga, agar anak-anak bisa menjadi sumber daya manusia yang bermanfaat bagi bangsa dan agama.

"Pemberian nutrisi yang baik akan membantu tumbuh kembang anak yang sehat dan mencapai tumbuh kembang optimal," tandasnya.

TOP