255 Penghuni Apartemen di Jakarta Timur Dapatkan Layanan Binduk

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Rabu, 24 Juli 2019 09:08 WIB | Dibaca 3975 kali
255 Penghuni Apartemen  di Jakarta Timur Dapatkan Layanan Binduk (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 255 penghuni Apartemen di Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur, mendapatkan pelayanan Bina Kependudukan (Binduk).

"Binduk merupakan salah satu bentuk pelayanan kependudukan kepada warga pendatang, "

Kegiatan Binduk yang dilakukan pada Selasa (23/7) malam dan diikuti 85 petugas gabungan ini dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Uus Kuswanto.

"Yang perlu dipahami, Binduk merupakan salah satu bentuk pelayanan kependudukan kepada warga pendatang, bukan penindakan," ujar Uus Kuswanto, Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Rabu (24/7).

Ia menjelaskan, kegiatan Binduk diawali dengan apel gabungan di halaman apartemen. Kemudian para petugas gabungan disebar untuk melakukan pendataan.

"Layanan jemput bola ini kami lakukan agar tertib dalam administrasi kependudukan," tambahnya.

Kepala Seksi Data Informasi dan Pengawasan Sudin Dukcapil Jakarta Timur, Ika Julaikha merinci ada 141 penghuni apartemen mendapatkan layanan pembuatan surat keterangan domisili sementara (SKDS). Dari jumlah tersebut, 55 surat sudah tercetak dan 86 surat lainnya masih dalam proses.

Kemudian 36 penghuni mengajukan pembuatan kartu identitas anak (KIA), tiga penghuni mendapatkan distribusi KTP-el, 16 penghuni mengajukan pembuatan akta kelahiran, dan 15 penghuni mengajukan pembuatan kartu keluarga (KK). Selain itu lima penghuni melakukan perekaman KTP-el, 17 penghuni mendapatkan layanan konsultasi dan 22 warga negara asing (WNA) juga mendapatkan pelayanan konsultasi.

"Alhamdullilah, kegiatan Binduk di dua apartemen ini berjalan lancar," tandasnya. 

TOP