Dirut PAL Jaya Tinjau Pembersihan Sampah Penyumbat Saluran Air Limbah

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 18 Juli 2019 18:50 WIB | Dibaca 1511 kali
Dirut PAL Jaya Tinjau Pembersihan Sampah Penyumbat Saluran Air Limbah (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Direktur Utama Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Jaya, Subekti meninjau langsung proses pengerjaan pembersihan sampah yang menyumbat saluran perpipaan air limbah di Jalan Denpasar Raya, Setiabudi, Jakarta Selatan.

" Penanganannya tidak mudah"

Subekti meminta, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, terutama pada saluran-saluran air, termasuk saluran air limbah. Temuan sampah kabel listrik yang menyumbat saluran perpipaan air limbah menjadi pelajaran berharga karena sumbatan yang terjadi menyebabkan air limbah meluap ke jalan.

"Penanganannya juga tidak mudah, saluran perpipaan limbah ini berkedalaman sepuluh meter. Apalagi, kalau itu sampai terjadi di kedalaman 13 meter yang menjadi pipa paling dalam saat ini," ujarnya, saat melakukan peninjauan langsung ke lapangan, Kamis (18/7).

Bekti menjelaskan, sampah kabel ditemukan setelah dilakukan penelusuran manhole yang meluap mulai dari dekat Kedutaan Besar (Kedubes) RRC hingga sekitar Kedubes Malaysia.

"Temuan sampah kabel ini mirip dengan yang terjadi pada saluran-saluran di dekat Istana Negara atau kawasan Medan Merdeka. Bedanya, kalau kabel di sini masih dalam kondisi utuh," ungkapnya.

Menurutnya, sejak dilakukan upaya pembersihan pada 2 Juli lalu telah berhasil diangkat sebanyak 10 karung sampah dan sekitar 30 meter kabel yang menyumbat saluran.

"Kami menargetkan pembersihan sampah di sini bisa tuntas dalam dua hari mendatang," ungkapnya.

Bekti menambahkan, masyarakat harus terbiasa untuk tidak membuang sampah sembarangan baik di toilet maupun manhole saluran. Pasalnya, selama ini masih kerap ditemukan adanya sampah padat seperti, plastik, pakaian, hingga puing-puing bangunan, bambu, dan kayu.

"Kami belum bisa memastikan ada tidaknya unsur kesengajaan untuk membuat saluran limbah ini tersumbat. Kami masih fokus melakukan penanganan karena ini masuk dalam prioritas layanan kami kepada pelanggan," ucapnya.

Sementara, Manager Operasi dan Pemerliharaan PD PAL Jaya, Adri Potianti, menambahkan, untuk membersihkan sampah-sampah tersebut dikerahkan sebanyak 10 petugas dengan peralatan pendukung berupa rodding, jetter, pompa, vakum, dan takcle.

"Jarak antar manhole yang menjadi lokasi sumbatan di sini sekitar 103 meter. Kami sudah mengidentifikasi jarak terdekat pusat sumbatan berada 15 meter dari manhole," tandasnya.

TOP