Ancol Targetkan Tebar 1.000 Kilogram Kerang Hijau

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 08 Juli 2019 12:12 WIB | Dibaca 492 kali
Ancol Targetkan Tebar 1.000 Kilogram Kerang Hijau (Foto : / Beritajakarta.id)

Dalam upaya memperbaiki kualitas air laut, PT Pembangunan Jaya Ancol tahun ini menargetkan menebar minimal 1.000 kilogram kerang hijau di laut Ancol.

"Kami berencana melakukan restorasi wilayah pesisir di kawasan ancol,"

Head Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan, mengintroduksi kembali kerang hijau (perna viridis) sebagai filter alami diharapkan dapat merestorasi kualitas air laut, teruama di pesisir pantai Ancol.  

"Kami berencana melakukan restorasi wilayah pesisir di kawasan ancol dengan mengintroduksi kembali kerang hijau (perna viridis) yang merupakan filter alami dari perairan laut," ujar Rika, Senin (8/7).  

Manager Konservasi Sea World dan Osean Dream Samudra, Yus Anggoro Saputra menambahkan, introduksi 1.000 kilogram, kerang hijau setiap jam-nya akan memfiltrasi 10.000 liter air laut kotor menjadi air bersih dan mengeliminir 2.020 mg Nitrogen dalam Air. Atau dapat memfiltrasi sebanyak 1.680.000 liter per minggu.

"Secara alami kerang hijau merupakan biota laut yang berperan seperti pohon di daratan yaitu sebagai filter. Cangkang kerang juga ditebar sebagai media tumbuh kerang hijau dan ikan-ikan untuk menaruh telurnya," tuturnya.

Selain itu penebaram cangkang juga akan dilakukan di tengah laut.

"Dengan ini diharapkan kualitas air laut akan semakin baik," tandasnya.

TOP