Puskesmas Kecamatan Sawah Besar Beri Layanan Pintu Cinta

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Senin, 17 Juni 2019 17:00 WIB | Dibaca 837 kali
Puskesmas Kecamatan Sawah Besar Beri Layanan Pintu Cinta (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Puskesmas Kecamatan Sawah Besar di Jalan Mangga Dua Dalam 2, Jakarta Pusat, menghadirkan inovasi yang disebut layanan Pintu Cinta bagi calon pengantin yang ingin memeriksakan kesehatannya.

" Sejak Januari 2019"

Kepala Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Ainun mengatakan, Pintu Cinta merupakan layanan pemeriksaan calon pengantin dengan menerapkan konsep one stop service bersinergi dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sawah Besar.

"Ini adalah layanan khusus bagi calon pengantin, jadi terpisah dengan pasien lain. Layanan Pintu Cinta sudah kita mulai sejak Januari 2019," ujarnya, usai acara lokakarya lintas sektor di Aula Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Senin (17/6).

Ainun menjelaskan, layanan pemeriksaan kesehatan tersebut gratis bagi calon pengantin ber-KTP DKI Jakarta dengan dasar Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 143 Tahun 2018 tentang Tarif Layanan Pusat Kesehatan Masyarakat. Sementara, untuk calon pengantin dengan KTP dari luar Jakarta akan dikenakan tarif Rp 150 ribu.

"Terobosan ini kami lakukan untuk semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya calon pengantin," terangnya.

Ainun menambahkan, layanan yang diberikan meliputi, pengecekan golongan darah, gula darah, hemoglobin (Hb), pengecekan penyakit kelamin, HIV/AIDS, kesehatan jiwa, konseling pra nikah, serta kesehatan umum lainnya.

"Bagi mereka yang sudah memeriksakan kesehatannya dan hasilnya dinyatakan bagus maka akan diberikan Serifikat Layak Nikah," tandasnya.

TOP